pengunjung

free counters

Rabu, 25 Mei 2011

Remaja Dapat Banyak Manfaat dari Forum Internasional MY SUMMIT 2010

Oleh: Olivia Dianina Purba *

Rabu, 01 2010 | 08:26:00 WIB

Remaja Dapat Banyak Manfaat dari Forum 
Internasional MY SUMMIT 2010
Remaja Dapat Banyak Manfaat dari Forum Internasional MY SUMMIT 2010: Delegasi pemuda pemudi Indonesia dalam forum MY SUMMIT 2010 “The Official G20 Youth Summit” di Toronto, Kanada.
Indonesia patut berbangga atas keberhasilannya mengirimkan delegasi pemuda pemudinya dalam forum MY SUMMIT 2010 "The Official G20 Youth Summit" di Toronto, Kanada dari tanggal 25-28 Juni 2010 silam.

Dalam forum tersebut, para perwakilan kaum muda dari ke-19 negara anggota kelompok G-20 berkesempatan untuk saling berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai topik-topik yang hangat dalam perekonomian dunia. Topik-topik seperti krisis ekonomi global, perbankan, dan entrepreneurship, juga menjadi agenda dalam pertemuan para pemimpin kelompok G-20 di forum terpisah.

Para pemuda-pemudi yang beruntung terpilih dari Indonesia adalah Agung Pamungkas, Muhamad Iman Usman, Muti Dewitari, Olivia Dianina Purba, Patrya Pratama, Riza Aryani. Mereka adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Selain itu, juga terpilih Ari Dwi Susanto, mahasiswa jurusan Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta.

Pengalaman ini merupakan suatu kebanggaan yang tidak ternilai bagi pemuda-pemudia tersebut, sebab dapat bertatap muka secara langsung dengan para inspirator dan pemimpin utama dari 19 negara yang memiliki peran penting dalam tatanan ekonomi politik internasional, seperti Presiden AS Barack Obama, Presiden Cina Hu Jintao, termasuk Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.


Selama mengikuti kegiatan MY SUMMIT di Kanada, kami, peserta dari Indonesia merasakan banyak manfaat.

Ini Prestasi Membanggakan Untukku

Ikut dalam kegiatan berkelas seperti MY SUMMIT G-20 Youth Summit adalah suatu prestasi yang sangat membanggakan bagi saya. Apalagi dalam kegiatan tersebut saya sempat bertata karma dengan Bapak Presiden SBY dan Ibu Ani serta beberapa tokoh-tokoh penting Indonesia yakni Bapak Agus Martowardojo (Menteri Keuangan), Bapak Mahendra Siregar (Wakil Menteri Perdagangan), Bapak Marty Natalegawa (Menteri Luar Negeri RI), Ibu Mari Elka Pangestu (Menteri Perdagangan RI), Ibu Dienne Hardiyanti (Duta Besar Indonesia untuk Ottawa), Bapak Hatta Rajasa (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian) dan para tokoh besar lainnya.

Tidak semua pemuda-pemudi Indonesia mendapat kesempatan bertemu dan berbincang dengan para tokoh penting Indonesia. Oleh karena itu, saya merasa sangat bangga dengan keterlibatan saya dalam acara ini.

Asyik, Bisa Memperluas Network
Menurut saya, network ini adalah salah satu hal yang penting dalam hidup. Network akan berguna dalam dunia kerja saya nanti. Hal ini terbukti dalam keikutsertaan kami dalam kegiatan MY SUMMIT.
Sepulangnya dari kegiatan ini kami ditawarkan untuk bekerja magang di Departemen Luar Negeri khususnya Dirjen Multilateral yakni bagian khusus menangani soal G-20. Tawaran ini tentunya disabut baik oleh kami semua, apalagi kebanyakan dari kami yang mengambil jurusan Hubungan Internasional pada dasarnya memang bercita-cita untuk menjadi diplomat.
Selama bekerja magang di Deplu, kami belajar banyak hal tentang bagaimana para diplomat bekerja dalam negosiasi dan diplomasi dengan negara lain.

Plus, Tambah Wawasan dan Ilmu Pengetahuan
Ada banyak hal-hal baru yang tidak pernah saya dapatkan sebelumnya namun saya dengar di dalam forum G-20 ini. Sebagian besar pembicara dan diskusi yang diadakan dalam kegiatan ini selalu meyangkut teman Ekonomi Politik Internasional.

Hal ini sangat wajar karena forum G-20 pada dasarnya juga merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia yang dibentuk sebagai wadah untuk memperbincangan tatanan ekonomi global. Cukup sering para pembicara yang dihadirkan dalam MY SUMMIT memberikan saya inspirasi untuk melakukan sesuatu untuk membangun Indonesia atau bahkan skala dunia.

Pada akhirnya, keikutsertaan delegasi muda Indonesia dalam MY SUMMIT 2010 ini selain dapat menunjukan eksistensi negara Indonesia dalam forum G20, juga dapat memberikan citra positif untuk masyarakat dunia bahwa Indonesia serius mengembangkan sumberdaya kaum mudanya dengan berhasil memberangkatkan seluruh delegasi terpilih untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Selain itu, forum ini juga dimanfaatkan secara maksimal oleh para delegasi Indonesia sebagai wadah untuk menunjukan kepada dunia bahwa generasi Indonesia memiliki suara dalam suatu forum penting dunia. Diharapkan dari forum-forum seperti ini, lahir para generasi muda calon pemimpin bangsa yang mampu menaikkan derajat Indonesia di mata internasional. (*)

*Olivia D. Purba, pembaca inioke.com yang mengirimkan tulisannya ke redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer