pengunjung

free counters

Kamis, 31 Maret 2011

trend jilbab




















hanbok korea





pakaian tradisional hanbok masih bertahan

SEPERTINYA hal yang kontradiktif bahwa sebuah tradisi bertahan dalam masyarakat yang dinamis bergerak mengikuti, bahkan kalau bisa mendahului zaman. Namun, di Korea, tampaknya modernitas bukannya berarti tanpa tradisi. Kebudayaan yang ratusan, bahkan ribuan tahun, mampu bertahan walau mengalami perubahan.
Ini yang terjadi pada "Hanbok", pakaian tradisional Korea. Walaupun pakaian model Barat adalah yang umum digunakan dalam kehidupan modern ini, "Hanbok" masih dipakai, terutama pada hari-hari raya dan acara-acara seperti pesta pernikahan. Pada hari "Chusok", Hari Bersyukur Korea, bahkan di jalan-jalan Kota Seoul pun banyak orang memakai baju tradisional itu.
"Dulu banyak orang membuat "Hanbok" untuk Chusok. Sekarang tidak lagi karena mereka lebih memilih untuk menyewa saja," kata Seo Sun-hee, wanita pemilik toko "hanbok" di lantai tujuh pertokoan Doosan Tower, Pasar Dongdaemun, Seoul. Bukan berarti tokonya sepi pembeli, tapi "Ini bisnis yang baik walaupun permintaan menurun dibanding dulu," kata perempuan yang anak sulungnya kelas 2 SMP itu.
Biasanya pelanggan datang untuk memesan pakaian pernikahan. Ini berarti pakaian untuk kedua mempelai dan ibu mereka masing-masing. Dengan memperlihatkan sebuah "hanbok" pesanan yang telah jadi, perempuan cantik itu menjelaskan bahwa pengantin perempuan biasanya memakai "chima" (rok panjang berlipit-lipit) warna merah, dan "jeogori" (jaket pendek semacam bolero) warna hijau.
Pengantin pria bebas memilih warna celana panjang dan jaket bertalinya. Keduanya masih tetap memakai jubah. Warna jubah perempuan disesuaikan dengan warna pilihan baju pasangannya. Ibu mempelai lelaki memakai warna kehijauan, sedangkan calon besannya dalam nuansa merah.
Ini tak jauh berbeda dari aturan yang telah ada sejak masa Dinasti Joseon pada abad ke-15. Waktu itu para gadis memakai "chima" merah dan "jeogori" kuning. Pada waktu pesta perkawinan yang dilanjutkan dengan acara menghormat orangtua dan mertua. Perempuan dari kelas bangsawan telah memakai warna merah dan hijau itu. Warna-warna pada pakaian tradisional Korea yang semarak, memang sesuatu yag unik dan dimaksudkan untuk menghalangi roh jahat.
Bentuk "hanbok" yang sekarang dipakai, dipolakan pada masa Dinasti Joseon yang berdasarkan Konfusianisme pada abad ke-15. Namun, pada dasarnya "hanbok" sudah ada sejak masa Tiga Kerajaan (57 SM-668 M). Di Kerajaan Silla tahun 648, pakaian semacam itu telah dipakai oleh perempuan bangsawan, juga pada masa Dinasti Goryeo (nama yang kemudian menjadi Korea) setelah itu.
Model bagi perempuan yang sejak masa Dinasti Joseon dan berlaku sampai sekarang adalah gabungan "chima" dan "jeogori", yang ditutup dengan pita satu sisi itu. Kelihatannya pakaian itu tampak nyaman karena lebar leluasa sambil tetap menampilkan keindahan bentuk leher dan lengkung bahu perempuan.
Namun dalam kehidupan sehari-hari, perempuan zaman sekarang sudah jarang memakai pakaian itu karena harus sedikit menderita mengenakannya. Rok lebar berlipit itu bentuknya bagai sehelai kain, dililitkan di atas dada, lalu diikat keras-keras meratakan dada. Itu kata perempuan yang selalu mengenakan "hanbok" dalam melayani pelanggan, sehingga kadang membuat sesak.
Untuk upacara perkawinan, perempuan Korea masa kini menggabungkan model "tradisional" dan model "modern". Untuk acara "pertunangan", mereka mengenakan "hanbok" warna merah muda, sedangkan untuk upacara "perkawinan", "hanbok" warna merah-hijau itu ditambah pakaian pengantin model barat untuk acara berfoto berdua.
Setiap pasangan memesan minimal enam "hanbok", dua untuk mempelai perempuan, dua untuk lelaki, dan dua untuk masing-masing ibu. Harga satu set dari "bahan sutra" antara 250.000 sampai 400.000 won, atau minimal Rp 2 juta. Yang bahan "poliester" antara 100.000 sampai 200.000 won, dan biasanya dipakai oleh mereka yang merayakan ulang tahun perkawinan ke-60.
"Pembuatannya memakan waktu satu minggu sampai satu bulan, tergantung ramai-tidaknya pesanan", kata Sun-hee yang punya lima penjahit di rumahnya itu. Biasanya masa pemesanan yang ramai adalah mulai dari bulan Agustus sampai bulan April, karena cuaca musim panas terlalu panas untuk acara perkawinan.
Pangeran Charles Pria Termodis di Dunia

Sriwijaya Post - Jumat, 6 Maret 2009 11:55 WIB

LONDON, JUMAT — Majalah pria Inggris, British Esquire, menempatkan Pangeran Charles sebagai pria berpakaian terbaik di dunia.

Putra mahkota Kerajaan Inggris itu jauh mengalahkan Presiden AS Barack Obama yang hanya menempati peringkat keempat.

"Dia (Charles) sempurna dalam balutan pakaiannya. Mengagumkan, pangaren ini menjaga penampilan busana dengan gaya yang cocok. Kami diberi tahu bahwa dia memiliki kamar pakaian seperti toko penjahit," bunyi pernyataan British Esquire, Kamis (5/3).

Obama berada di peringkat keempat pria termodis, artis David Hockney (ke-7), petenis Roger Federer (ke-8), dan rapper Andre 3.000 of Outkast menempati peringkat ke-10.

Perdana Menteri Inggris Gordon Brown yang gemar memakai dasi warna ungu dinobatkan sebagai pria berpakaian terburuk di dunia karena dia pernah memakai pakaian hitam yang biasa digunakan warga Irak.
Sabtu, 8 Mei 2010
Bas Terpanjang dan Tercepat Di Dunia
Bas ini merupakan Bas Terpanjang dan Terpantas di dunia tahun 2010.Bas ini dibuat dengan kerjasama sekumpulan pelajar Delft University of Technology di belanda yang memiliki kecepatan sehingga 210 km/h(130 mph).Bas ini mampu memuatkan sebanyak 30 orang penumpang dan dijana oleh tenaga letrik.Bas ini terbuat daripada bahan aluminium dan serat karbon.Dengan menggunakan tenaga dari Bateri Lithium-Polimer yang dihasilkan dari sepasang motor letrik,mampu menghasilkan tenaga maksimum 400 kuasa kuda.

Projek Bas mesra alam ini diketuai oleh Wubbo Ockels,Antonia Terzi dan Joris Melkert dan juga sepasukan pelajar di belanda yang sedang menyelesaikan tahap pengembangan prototype pertama.Wubbo Ockels juga merupakan angkasawan pertama belanda,sedangkan Antonia Terzi adalah merupakan bekas anggota pasukan F1 BMW-Williams di bahagian Enjin,manakala Joris Melkert adalah salah seorang anggota Projek NUNA 3,yaitu Projek Kereta tenaga suria terpantas di dunia.Superbas ini rencananya akan di gunakan di Dubai,UEA.

kuku terpanjang.3gp

10 Besar Jembatan Terpanjang di Dunia
Posted by zul firman on 01:31

Terpanjang 10
Seven Mile Bridge



The Seven Mile Bridge, di Florida Keys, berada di antara Teluk Meksiko dan Selat Florida, menghubungkan Key Vaca (Marathon, Florida) di Middle Keys menuju ke Little Duck Key di Lower Keys . Di antara jembatan terpanjang yang ada saat itu dibangun, ini adalah salah satu dari sekian banyak jembatan utama di US, di mana jalan ini disebut Overseas Highway.

Terpanjang 9
San Mateo-Hayward Bridge



San Mateo-Hayward Bridge (umumnya disebut San Mateo Bridge) adalah sebuah jembatan penyeberangan California's San Francisco Bay di Amerika yang menghubungkan Semenanjung San Francisco dengan East Bay. Jembatan yang dimiliki oleh negara bagian California, dan dikelola oleh Caltrans, merupakan jalan raya negara.

Terpanjang 8
Confedration Bridge



Confedration Bridge (Perancis: Pont de la Confederation) adalah sebuah jembatan yang merentang di Abegweit Passage of Northumberland Starit, menghubungkan Prince Edward Island dengan daratan Brunkswick Baru, Kanada. Hal ini biasa disebut sebagai "Fixed Link" oleh penduduk Prince Edward Island sebelum nama resminya. Konstruksi berlangsung dari semua musim gugur 1993 hingga musim semi tahun 1997, dengan biaya $ 1,3 miliar, jembatan dengan panjang 12,9 kilometer (8 mil) ini dibuka pada tanggal 31 Mei 1997.

Terpanjang 7
Rio-Niteroi Bridge



Rio-Niteroi Bridge adalah suatu jembatan dengan struktur beton yang menghubungkan kota-kota Rio de Janerio dan Niteroi di Brasil. Konstruksi dimulai secara simbolis pada 23 Agustus 1968, di hadapan Ratu Elizabeth II dari Britania Raya dan Prince Philip, Duke of Edinburgh, dalam kunjungan pertamanya ke Brazil. Pekerjaan kontruksi dimulai pada bulan Januari 1969, dan dibuka pada 4 Maret 1974. Nama resminya adalah "Presiden Costa e Silva Bridge", untuk menghormati presiden Brasil yang memerintahkan pembangunannya.

Terpanjang 6
Penang Bridge



Jembatan Penang ini adl jalan bebas hambatan yang menghubungkan Gelugor di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia di Semenanjung Malaya. Jembatan ini juga terkait dengan Expressway Norht-Selatan di Prai dan Jelutong Expressway di Penang. Secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada 14 September 1995. Panjang total jembatan adalah 13,5 km (8.4 mil)

Terpanjang 5
Vasco da Gama Bridge



The Vasco da Gama Bridge (Portuguese: Ponte Vasco da Gama, adalah jembatan kabel yang membentang dari Sungai Tagus dekat Lisbon, ibukota Portual. Ini adalah jembatan terpanjang di Eropa (termasuk viaducts), dengan total panjang 17,2 km (10,7 mil), termasuk 0,829 km (0.5 mil) untuk jembatan utama, 11,5 km (7.1 mil) di viaducts, dan 4,8 km (3,0 mil) di jalan akses khusus. Tujuannya adalah untuk mengurangi kepadatan di kota Lisbon.

Terpanjang 4
Chesapeake Bay Bridge



Chesapeake Bay Bridge (umumnya dikenal sebagai Bay Bridge) adalah dual-span jembatan di negara bagian AS Maryland; mencakup Chesapeake Bay, ini menghubungkan negara Timur dan wilayah Pantai Barat. Panjangnya 4,3 mil (7km), span asli adalah terpanjang di dunia diatas air dari struktur baja ketika dibuka pada tahun 1952. Jembatan secara resmi bernama William Preston Lane, Jr Memorial Bridge setelah William Preston Lane, Jr yang, sebagai gubernur Maryland, dilaksanakan pembangunannya.

Terpanjang 3
King Fahd Causeway



King Fahd Causeway adalah beberapa kombinasi tanggul-jembatan yang menghubungkan Khobar, Arab Saudi, dan negara pulau Bahrain. Sebuah konstruksi kesepakatan yang ditandatangani pada 8 Juli 1981 oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Syekh Salman bin Isa al-Khalifa dari Bharain; konstruksi berlanjut hingga 1986, ketika coombination dari sevral jembatan dan bendungan telah selesai. Jalan lintas untuk digunakan secara resmi dibuka pada 25 November 1986.

Terpanjang 2
Donghai Bridge



Donghai Bridge (harfiah "Jembatan Grand Laut Timur") adalah lintas laut terpanjang di dunia jembatan dan jembatan terpanjang di Asia. Jembatan ini selesai pada tanggal 10 Desember 2005. Memiliki total panjang 32,5 kilometer (20,2 mil) dan menghubungkan Shanghai dan lepas pantai dalam air Yangshan pelabuhan di Cina. Sebagian besar jembatan adalah jembatan tingkat rendah. Ada juga cable stayed untuk memungkinkan perjalanan kapal-kapal besar, terbesar dengan rentang 420 m

Terpanjang 1
Lake Pontchartrain Causeway



Lake Pontchartrain Causeway, atau Causeway, terdiri dari dua paralel jembatan yang merupakan jembatan terpanjang di dunia dengan total panjang. Menyeberang jembatan ini Danau Pontchartrain di selatan Louisiana. Total panjang dari dua jembatan adalah 23,87 mil (38,42 km) lama. Jembatan yang didukung oleh lebih dari 9.000 beton 8 mil (13 km) selatan dari pantai utara. Ujung selatan dari dam di Metairie, Louisiana, pinggiran New Orleans. Ujung utara berada di Mandeville, Louisiana.

Source : Kaskus
Daftar jembatan kabel terpanjang
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perubahan tertunda ditampilkan di halaman iniBelum Diperiksa
Langsung ke: navigasi, cari
Diamond-caution.png
Artikel atau bagian dari artikel ini diterjemahkan dari Liste de ponts à haubans remarquables par pays di fr.wikipedia.org. Isinya mungkin memiliki ketidakakuratan. Selain itu beberapa bagian yang diterjemahkan kemungkinan masih memerlukan penyempurnaan. Pengguna yang mahir dengan bahasa yang bersangkutan dipersilakan untuk menelusuri referensinya dan menyempurnakan terjemahan ini.
(Pesan ini dapat dihapus jika terjemahan dirasa sudah cukup tepat)

Daftar ini mengenai Jembatan kabel-penahan (cable-stayed R bridge) terkemuka di dunia dengan lingkup utama span yang lebih besar dari 300 meter.
Gambar Peringkat Nama Lokasi Negara Besaran bentang span Selesai pada tahun
Sutong Bridge under Construction (main structure finished), China.jpg [1] Jembatan Sutong Yangzi Jiang, Suzhou, Nanton Republik Rakyat Cina 1 088 m 2008
Stonecutter bridge.jpg [2] Jembatan Stonecutters Pulau Tsing Yi dengan Pulau Stonecutters Hong Kong Republik Rakyat Cina 1018 m 2009
[3] Jembatan Edong Republik Rakyat Cina 926 2009
TataraOhashi.jpg [4] Jembatan Tatara Seto Jepang 890 m 1999
Le Havre Bruecke 01007.jpg [5] Jembatan Normandie Le Havre Perancis 856 m 1995
[6] Jembatan Jingsha Republik Rakyat Cina 816 2009
Incheon Bridge under construction.jpg [7] Jembatan Incheon (panjang : 12,5 km) Korea Utara 800 2009
[8] Jembatan Chongming utara Republik Rakyat Cina 730 2009
[9] Jembatan Minpu Shanghai Republik Rakyat Cina 708 2009
[10] Jembatan ketiga Nankin di Yangzi Jiang Nankin Republik Rakyat Cina 648 m 2005
2qiao07.jpg [11] Jembatan kedua Nankin di Yangzi Jiang Nankin Jiangsu Republik Rakyat Cina 628 m 2001
[12] Jembatan Jintang Jingant Island Republik Rakyat Cina 620 2009
[13] Jembatan Baishazhou Wuhan Republik Rakyat Cina 618 m 2000
[14] Jembatan Mingjiang Quingzhou Republik Rakyat Cina 605 m 1999
Yangpu Bridge.jpg [15] Jembatan Yangpu Shanghai Republik Rakyat Cina 602 m 1993
[16] Jembatan Xupu Shanghai Republik Rakyat Cina 590 m 1997
[17] Jembatan Meiko-Chuo Nagoya Jepang 590 m 1998
Rio Antirio dsc06218.jpg [18] Jembatan Rion-Antirion Rion Yunani 560 m x3 2004
[19] Jembatan Taoyaomen Zhoushan Republik Rakyat Cina 560 m 2003
[20] Jembatan Machang antara Masan di Changwon Korea Utara 550 m 2008
Skarnsund.jpg [21] Jembatan Skarnsund Inderøy Norwegia 530 m 1991
Koehlbrandbruecke.wmt.jpg [22] Köhlbrandbrücke Hambourg Jerman 520 m 1974
[23] Jembatan Baluarte Meksiko 520 2009
[24] Jembatan Queshi Shantou Republik Rakyat Cina 518 m 1999
[25] Jembatan Anqing Anquing Republik Rakyat Cina 510 m 2005
[26] Jembatan Tsurumi Tsubasa Yokohama Jepang 510 m 1994
[27] Jembatan Tianxingzhou(panjang seluruhnya) : 5 400 m) Wuhan, Republik Rakyat Cina 504 2008
Kanchanaphisek bridge 01.JPG [28] Jembatan Kanchanaphisek Bangkok Thailand 500 m 1994
[29] Jembatan Jingzhou di Yangzi Jiang Jingzhou Republik Rakyat Cina 500 m 2002
Öresundsbron från Västra hamnen 1.jpg [30] Øresundsbron Denmark - Swedia 490 m 1999
[31] Jembatan Ikuchi Ikuchi Jepang 490 m 1991
[32] Jembatan Higashi Kobe Kōbe Jepang 485 m 1992
長崎女神大橋01.jpg [33] Jembatan Megami Nagasaki Jepang 480 m 2006
[34] Jembatan Ehuang Ezhou Republik Rakyat Cina 480 m 2002
[35] Jembatan la baie de Zhanjiang Zhanjiang Republik Rakyat Cina 480 m 2006
Ting Kau Bridge 0604.JPG [36] Jembatan Ting Kau HKG Republik Rakyat Cina 475 m 1998
Arthur Ravenel Bridge (from water).jpg [37] Jembatan Arthur Ravenel Charleston (Caroline du Sud) Britania Raya 471.2 m 2005
[38] Jembatan Seohae Pyongtaek/Dangjin Korea Selatan 470 m 2000
[39] Jembatan Yahagigawa Aichi Jepang 470 m 2005
AlexFraserBridge.jpg [40] Jembatan Alex Fraser Vancouver Kanada 465 m 1986
Yokohama Baybridge.jpg [41] Jembatan la baie de Yokohama Yokohama Jepang 460 m 1989
Vidyasagar setu new.jpg [42] * Vidyasagar Setu (Jembatan Hooghly) Calcutta Bengale-Occidental India 457.2 m 1992
New severn bridge best 750pix.jpg [43] Jembatan kedua di Severn Wales - Inggris 456 m 1996
[44] Jembatan Fuling Fuling Republik Rakyat Cina 450 m 2008
[45] Jembatan Rama IX Bangkok Thailand 450 m 1987
Queen Elizabeth II bridge Penny Mayes.jpg [46] Jembatan la reine Élizabeth II Dartford Inggris 450 m 1991
Hangzhou Bay Bridge ABA 1360 AK1.jpg [47] Jembatan teluk Hangzhou Teluk Hangzhou Republik Rakyat Cina 448 m 2008
[48] Deuxième Jembatan Chongqing Chongqing Republik Rakyat Cina 444 m 1995
Puente Ingeniero Carlos Fernández Casado.jpg [49] Jembatan Ingeniero Carlos Fernández Casado Barrios de Luna Spanyol 440 m 1983
Mubarak Peace Bridge.jpg [50] Jembatan terusan Suez Al Qantarah El Sharqiyya Mesir 440 m 2001
Baichaybridge.jpg [51] * Jembatan Bai Chay Hạ Long Vietnam 435 m 2006
Suramadu on bridge.jpg [52] Jembatan Suramadu (panjang keseluruhan : 5 400 m) antara Surabaya dan Bangkalan Indonesia 434 2009
[53] Jembatan Tongling Tongling Republik Rakyat Cina 432 m 1995
Kap Shui Mun Bridge Ma Wan.JPG [54] Jembatan Kap Shui Mun Hong Kong 430 m 1997
Helgelandsbrua-2006-07-02.JPG [55] * Jembatan Helgeland Sandnessjøen Norwegia 425 m 1991
NanpuBridge.jpg [56] * Jembatan Nanpu Shanghai Republik Rakyat Cina 423 m 1991
Vasco da Gama Bridge 03.JPG [57] Jembatan Vasco da Gama Lisbonne Portugal 420 m 1998
Hitsuishijima Bridge.jpg [58] * Jembatan Hitsuishijima Seto Inland Sea Jepang 420 m 1988
Seto Bri1.jpg [59] * Jembatan Iwakurojima Seto Inland Sea Jepang 420 m 1988
Donghai Bridge.jpg [60] * Jembatan Donghai Hangzhou Bay Republik Rakyat Cina 420 m 2005
[61] * Jembatan Yunyang Yunyang Republik Rakyat Cina 414 m 1994
Uddevallabron.jpg [62] * Jembatan Uddevalla dekat Uddevalla Swedia 414 m 2000
Japan Palau Friendship Bridge.jpg [63] * Jembatan Koror-Babeldaob Koror Palau 413 m 2002
[64] * Jembatan Surgut Sourgout Rusia 408 m 2000
[65] * Jembatan Meiko Nishi Nagoya Aichi Jepang 406 m 1985
[66] Jembatan utara Runyang Zhenjiang Republik Rakyat Cina 406 m 2005
[67] * Jembatan Meiko Nishi Nagoya Aichi Jepang 405 m 1997
[68] * Jembatan Wadi Laban Riyad Arab Saudi 405 m 2000
Da Nang Bridge.JPG [69] Jembatan Thuan Phuoc Đà Nẵng Vietnam 405 m 2005
Pont de Saint-Nazaire.jpg [70] Jembatan Saint-Nazaire antara Saint-Nazaire dan Saint-Brevin-les-Pins Perancis 404 m 1974
Pont iroise vers sud.jpg [71] Jembatan l'Iroise Plougastel-Daoulas Perancis 400 m 1994
150px [72] Jembatan Rande Jembatanevedra Spanyol 400 m 1978
[73] Jembatan autoroutier de Wuhan Wuhan Republik Rakyat Cina 400 m 1995
[74] Jembatan keempat Xiangtan Xiangtan Republik Rakyat Cina 400 m 2007
150px [75] Jembatan Mega II Samut Prakan Province Thailand 398 m 2006
Northbound approaching Dames Point Bridge.jpg [76] Dames Point Bridge Jacksonville Floride Britania Raya 396 m 1989
Mauricio Báez bridge.jpg [77] * Jembatan Mauricio Báez San Pedro de Macorís Republik Dominika 390 m 2007
[78] * Jembatan Badong Badong Republik Rakyat Cina 388 m 2004
Tjörnbron.JPG [79] * Jembatan Tjörn Tjörn Swedia 386 m 1981
Big Obukhovsky Bridge pylon.jpg [80] * Grand Jembatan Obukhovsky Saint-Pétersbourg Rusia 382 m 2004
Bgabridge.jpg [81] Jembatan Sidney Lanier Brunswick Georgia 381 m 2003
Fred Hartman Bridge Houston.jpg [82] Jembatan Fred Hartman Baytown Flag of Texas.svg Texas Amerika Serikat 381 m 1995
[83] Jembatan Panyu Guangdong Republik Rakyat Cina 380 m 1998
Haleboggsbridge.jpg [84] * Jembatan Luling Destréhan (Louisiane) Britania Raya 376 m 1983
Solidarity Bridge 1.jpg [85] Jembatan la Solidarité Płock Polandia 375 m 2005
Fleherbruecke.jpg [86] * Jembatan Flehe Düsseldorf Jerman 368 m 1979
William H Natcher Bridge.jpg [87] Jembatan William H. Natcher dari Owensboro (Kentucky) ke Rockport (Indiana) Britania Raya 366 m 2002
Sunsky.jpg [88] * Bob Graham Sunshine Skyway Bridge St. Petersburg (Floride) Britania Raya 365.8 m 1987
[89] * Jembatan Tampico Tampico Meksiko 360 m 1988
[90] * Jembatan Masangxi Chongqing Republik Rakyat Cina 360 m ??
PNB 1.jpg [91] Jembatan du détroit de Penobscot Bucksport (Maine) Britania Raya 354 m 2006
Most Slobode 1.jpg [92] * Jembatan la liberté (Novi Sad) Novi Sad Serbia 351 m 2005
Bill Emerson Memorial Bridge.jpg [93] Jembatan du mémorial Bill Emerson Cape Girardeau (Missouri) Britania Raya 350.2 m 2003
[94] Jembatan Termpozan Osaka Jepang 350 m 1990
[95] * Jembatan Duisburg-Neuenkamp Duisbourg Jerman 350 m 1970
My Thuan Bridge.jpg [96] * Jembatan Mỹ Thuận Tiền Giang dan Vĩnh Long Vietnam 350 m 2000
Batam-balerang.png [97] * Jembatan Barelang Batam Kepulauan Riau Indonesia 350 m 1997
[98] * Jembatan Yiling Yichang Republik Rakyat Cina 348 m (2x) 2001
Anzac Bridge 5.jpg [99] * ANZAC Bridge Sydney Nouvelle-Galles du Sud Australia 345 m 1996
150px [100] Viaduc de Millau Millau Perancis 342 m x6 2004
VancouverBCSkybridge5.jpg [101] Skybridge Vancouver British Columbia Kanada 340 m 1990
West Gate Bridge Melbourne sunset.jpg [102] * West Gate Bridge Melbourne - Victoria Australia 336 m 1978
[103] * Talmadge Memorial Bridge Savannah Flag of Georgia (U.S. state).svg Georgia Amerika Serikat 335 m 1990
Río Paraná y Puente Rosario-Victoria 1.jpg [104] * Jembatan Rosario-Victoria Argentina 330 m 2003
Puente-san-roque-gonzales-2.JPG [105] * Jembatan San Roque González de Santa Cruz Argentina - Paraguay 330 m 1990
Zárate-Brazo Largo Bridge.jpg [106] * Grand Jembatan Zárate-Brazo Argentina 330 m 1978
Mega Bridge (I).jpg [107] Jembatan Mega I Bangkok Thailand 326 m 2006
[108] * Jembatan sur la rivière Karnali Chisapani Camp Nepal 325 m 1993
Koehlbrandbruecke.wmt.jpg [109] Köhlbrandbrücke Hambourg Jerman 325 m 1974
Puente Internacional 395.jpg [110] * Jembatan International Guadiana Ayamonte - Castro Marim Spanyol - Portugal 324 m 1991
Mexican centennial celebrations.jpg [111] * Jembatan du Centenaire Canal de Panamá Panama 320 m 2004
[112] * Jembatan Brotonne Caudebec-en-Caux Perancis 320 m 1977
[113] Jembatan Qiao Zhuhai Republik Rakyat Cina 320 m 1998
Duesseldorf-Rheinkniebruecke.jpg [114] * Rheinkniebrücke Düsseldorf Jerman 319 m 1969
Vansu Tilts.jpg [115] * Vansu Tilts Rīga Latvia 312 m 1981
[116] * Jembatan Wuhu Yangtze Wuhu Republik Rakyat Cina 312 m 2000
[117] Viaduc de Mezcala Meksiko 311 m 1993
Rheinbrücke A42.jpg [118] * Jembatan Beeckenwerther Duisbourg Jerman 310 m 1990
[119] * Jembatan du lac Dongting Hunan Republik Rakyat Cina 310 m 2002
Erskine Bridge.jpg [120] * Erskine Bridge Erskine Britania Raya 305 m 1971
Grenlandsbrua.JPG [121] * Jembatan Grenland Porsgrunn Norwegia 305 m 1996
Dubrovnik-F.Tudjman-Bridge.jpg [122] * Jembatan Dubrovnik Dubrovnik Kroasia 304 m 2002
Bratislava New Bridge from castle hill.JPG [123] * Nový Most Bratislava Slowakia 303 m 1972
Severinsbrücke-Köln.JPG [124] * Severinsbrücke Cologne Jerman 302 m 1961
Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan

a. Pengertian dan Jenis-jenis Sarana Prasarana Pendidikan
Sarana pendidikan adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pendidikan di sekolah. Adapun, prasarana pendidikan adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan pelaksanaan proses pendidikan di sekolah.
Sarana pendidikan diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu (1) habis tidaknya dipakai; (2) bergerak tidaknya pada saat digunakan; (3) hubungannya dengan proses belajar mengajar.

1) Ditinjau dari Habis Tidaknya Dipakai
Dilihat dari habis tidaknya dipakai, ada dua macam sarana pendidikan, yaitu sarana pendidikan yang habis dipakai dan sarana pendidikan tahan lama.
a) Sarana pendidikan yang habis dipakai adalah segala bahan atau alat yang apabila digunakan bisa habis dalam waktu yang relatif singkat.

Contoh, kapur tulis, beberapa bahan kimia untuk praktik guru dan siswa, dsb.
Selain itu, ada sarana pendidikan yang berubah bentuk, misalnya kayu, besi, dan kertas karton yang sering digunakan oleh guru dalam mengajar. Contoh: pita mesin ketik/komputer, , bola lampu, dan kertas.
b) Sarana pendidikan tahan lama
Sarana pendidikan tahan lama adalah keseluruhan bahan atau alat yang dapat digunakan secara terus menerus dan dalam waktu yang relatif lama. Contoh, bangku sekolah, mesin tulis, atlas, globe, dan beberapa peralatan olah raga.

2) Ditinjau dari Bergerak Tidaknya pada Saat Digunakan
Ditinjau dari bergerak tidaknya pada saat digunakan, ada dua macam sarana pendidikan, yaitu sarana pendidikan yang bergerak dan sarana pendidikan tidak bergerak.
a) Sarana pendidikan yang bergerak
Sarana pendidikan yang bergerak adalah sarana pendidikan yang bisa digerakkan atau dipindah sesuai dengan kebutuhan pemakainya, contohnya: almari arsip sekolah, bangku sekolah, dsb.
b) Sarana pendidikan yang tidak bergerak
Sarana pendidikan yang tidak bergerak adalah semua sarana pendidikan yang tidak bisa atau relatif sangat sulit untuk dipindahkan, misalnya saluran dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

3) Ditinjau dari hubungannya dengan Proses Belajar Mengajar
Sarana Pendidikan dibedakan menjadi 3 macam bila ditinjau dari hubungannya dengan proses belajar mengajar, yaitu: alat pelajaran, alat peraga, dan media pengajaran.
a) Alat pelajaran
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan secara langsung dalam proses belajar mengajar, misalnya buku, alat peraga, alat tulis, dan alat praktik.
b) Alat peraga
Alat peraga adalah alat pembantu pendidikan dan pengajaran, dapat berupa perbuatan-perbuatan atau benda-benda yang mudah memberi pengertian kepada anak didik berturut-turut dari yang abstrak sampai dengan yang konkret.
c) Media pengajaran adalah sarana pendidikan yang digunakan sebagai perantara dalam proses belajar mengajar, untuk lebih mempertinggi efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pendidikan. Ada tiga jenis media, yaitu media audio, media visual, dan media audio visual.

Adapun prasarana pendidikan di sekolah bisa diklasifikasikan menjadi dua macam, yaitu:
1) prasarana pendidikan yang secara langsung digunakan untuk proses belajar mengajar, seperti ruang teori, ruang perpustakaan, ruang praktik keterampilan, dan ruang laboratorium.
2) prasarana sekolah yang keberadaannya tidak digunakan untuk proses belajar mengajar, tetapi secara langsung sangat menunjang terjadinya proses belajar mengajar, misalnya ruang kantor, kantin sekolah, tanah dan jalan menuju sekolah, kamar kecil, ruang usaha kesehatan sekolah, ruang guru, ruang kepala sekolah, dan tempat parkir kendaraan.

b. Tujuan Administrasi Sarana Prasarana
Tujuan administrasi sarana prasarana sekolah secara umum adalah memberikan layanan secara profesional di bidang sarana dan prasana pendidikan dalam rangka terselenggaranya proses pendidikan secara efektif dan efisien. Adapun, tujuan secara khususnya adalah sebagai berikut.
1) Untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melalui sistem perencanaan dan pengadaan yang hati-hati dan seksama.
2) Untuk mengupayakan sarana prasarana sekolah secara tepat dan efisien, sehingga keberadaannnya selalu dalam kondisi siap pakai.

c. Prinsip-Prinsip pengelolaan Sarana dan Prasarana
Untuk mendukung tercapainya tujuan administrasi sarana prasarana sekolah maka ada prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam mengelola sarana prasarana sekolah sebagai berikut.
1) Prinsip pencapaian tujuan
Administrasi sarana prasara sekolah dikatakan berhasil apabila fasilitas sekolah selalu siap pakai.
2) Prinsip efisiensi
Pemakaian semua fasilitas sekolah hendaknya dilakukan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengurangi pemborosan. Untuk itu, perlengkapan sekolah hendaknya dilengkapi dengan petunjuk teknis penggunaan dan pemeliharaannya.
3) Prinsip administratif
Semua pengelola perlengkapan pendidikan di sekolah itu hendaknya selalu memperhatikan undang-undang, peraturan, intruksi dan pedoman yang telah diberlakukan oleh pemerintah.
4) Prinsip Kejelasan Tanggung Jawab
Tugas dan tanggung jawab semua anggota organisasi terhadap pengelolaan sarana dan prasarana sekolah harus dideskripsikan dengan jelas.
5) Prinsip Kekohesifan
Manajemen sarana prasarana sekolah hendaknya terealisasikan dalam bentuk proses kerja yang sangat kompak. Untuk itu, antara satu dengan lainnya dalam organisasi harus bekerja dengan baik.


d. Siklus Pengelolaan Sarana Prasarana
Proses pengelolaan administrasi sarana prasarna meliputi 5 hal, yaitu: (1) penentuan kebutuhan, (2) pengadaan, (3) pemakaian, (4) pengurusan dan pencatatan, (5) pertanggungjawaban. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut.

1). Penentuan Kebutuhan
Melaksanakan analisis kebutuhan, analisis anggaran, dan penyeleksian sarana prasarana sebelum mengadakan alat-alat tertentu. Berikut adalah prosedur analisis kebutuhan berdasarkan kepentingan pendidikan di sekolah.

a) Perencanaan Pengadaan Barang Bergerak
(1)Barang yang habis dipakai, direncanakan dengan urrutan sebagai berikut.
- Menyusun daftar perlengkapan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari rencana kegiatan sekolah.
- Memperkirakan biaya untuk pengadaan barang tersebut tiap bulan.
- Menyusun rencana pengadaan barang menjadi rencana triwulan dan kemudian menjadi rencana tahunan.
(2)Barang tak habis dipakai, direncanakan dengan urutan sebagai berikut.
- Menganalisis dan menyusun keperluan sesuai dengan rencana kegiatan sekolah serta memperhatikan perlengkapan yang masih ada dan masih dapat dipakai.
- Memperkirakan biaya perlengkapan yang direncanakan dengan memperhatikan standar yang telah ditentukan.
- Menetapkan skala prioritas menurut dana yang tersedia, urgensi kebutuhan dan menyusun rencana pengadaan tahunan.
b) Penentuan Kebutuhan Barang Tidak Bergerak
Pengadaan barang tidak bergerak meliputi pengadaan tanah dan bangunan, direncanakan dengan urutan sebagai berikut.
(1)Mengadakan survei tentang keperluan bangunan yang akan direnovasi dengan maksud untuk memperoleh data mengenai: fungsi bangunan, struktur organisasi, jumlah pemakai dan jumlah alat-alat/ perabot yang akan ditempatkan.
(2)Mengadakan perhitungan luas bangunan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan disusun atas dasar data survei.
(3)Menyusun rencana anggaran biaya yang disesuaikan dengan harga standar yang berlaku di daerah yang bersangkutan.

(4)Menyusun pentahapan rencana anggaran biaya yang disesuaikan dengan rencana pentahapan pelaksanaan secara teknis, serta memperkirakan anggaran yang disediakan setiap tahun, dengan memperhatikan skala prioritas yang telah ditetapkan, sesuai dengan kebijaksanaan departemen.

c) Perhitungan Kebutuhan Ruang Belajar
Menghitung kebutuhan ruang belajar harus memperhatikan tambahan jumlah siswa yang diperkirakan akan ditampung pada tahun yang akan datang. Perkiraan tambahan julah siswa didasrkan pada anak usia sekolah yang akan ditampung dan arus lulusan yang akan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi di tingkat propinsi/ kabupaten. Selain itu, juga perlu memperhatikan jumlah murid yang keluar dari sekolah baik lulusan, pindahan, maupun putus sekolah.

Perhitungan kebutuhan ruang belajar/guru tergantung dari jumlah tambahan siswa, jumlah rata-rata murid untuk setiap rombongan belajar/kelas, dan efisiensi penggunaan ruang belajar (shift). Selanjutnya, perhitungan kebutuhan ruang belajar dapat diformulasikan sebagai berikut.


Jumlah siswa - Jumlah siswa
Kebutuhan yang diperkirakan sekarang
tambahan =
ruang belajar
Jumlah siswa > shift
Rata-rata per kelas

2) Pengadaan Sarana Prasarana
Pengadaan sarana prasarana pendidikan merupakan upaya merealisasikan rencana kebutuhan pengadaan perlengkapan yang telah disusun sebelumnya, antara lain sebagai berikut.
a) Pengadaan buku, alat, dan perabot dilakukan dengan cara membeli, menerbitkan sendiri, dan menerima bantuan/ hadiah/ hibah.
b) Pengadaan bangunan, dapat dilaksanakan dengan cara:
(1) membangun bangunan baru;
(2) membeli bangunan;
(3) menyewa bangunan;
(4) menerima hibah bangunan;
(5) menukar bangunan;
c) Pengadaan tanah, dapat dilakukan dengan cara membeli, menerima bahan, menerima hak pakai, dan menukar.

3) Penggunaan dan Pemeliharaan
Ada dua prinsip yang harus diperhatikan dalam pemakaian perlengkapan pendidikan, yaitu prinsip efektivitas dan prinsip efisiensi. Prinsip efektivitas berarti semua pemakaian perlengkapan pendidikan di sekolah harus ditujukan semata-mata dalam memperlancar pencapaian tujuan pendidikan sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Adapun, prinsip efisiensi berti, pemakaian semua perlengkapan pendidikan secara hemat dan hati-hati sehingga semua perlengjkapan yang ada tidak mudah habis, rusak, atau hilang.
Pemeliharaan merupakan kegiatan yang terus menerus untuk mengusahakan agar barang tetap dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai. Menurut kurun waktunya, pemeliharaan dibedakan dalam:
a) pemeliharaan sehari-hari, misalnya: mobil, mesin disel, mesin ketik, komputer, dsb.
b) pemeliharaan berkala, yaitu: dua bulan sekali, tiga bulan sekali, dsb.

4) Pengurusan dan Pencatatan
Semua sarana prasarana harus diinventarisasi secara periodik, artinya secara teratur dan tertib berdasarkan ketentuan atau pedoman yang berlaku. Melalui inventarisasi perlengkapan pendidikan diharapkan dapat tercipta administrasi barang, penghematan keuangan, dan mempermudah pemeliharaan dan pengawasan. Apabila dalam inventarisasi terdapat sejumlah perlengkapan yang sudah tidak layak pakai maka perlu dilakukan penghapusan.

5) Pertanggungjawaban (Pelaporan)
Penggunaan sarana prasarana inventaris sekolah harus dipertanggungjawabkan dengan jalan membuat laporan penggunaan barang-barang tersebut yang ditujuakn kepada instansi terkait. Laporan tersebut sering disebut dengan mutasi barang. Pelaporan dilakukan sekali dalam setiap triwulan, terkecuali bila di sekolah itu ada barang rutin dan barang proyek maka pelaporan pun seharusnya dibedakan.
SMANSA Futsal Competition 2011 (Fase E-F)
SMA 3 Padang Dibantai SMA 2 Padang
Oleh: Dodi Prananda

Kamis, 31 Maret 2011 | 15:52:00 WIB

Laga Fase Grup E-F

Laga Fase Grup E-F: SMA 3 Padang berhadapan dengan SMA 2 Padang. (Foto:Dok.Panitia)


Fase Grup E dan Grup F SMANSA Futsal Competition kembali digelari hari ini, Kamis (31/3) di Gelanggang Olahraga Sudirman. Pertandingan awal mempertemukan SMA 3 Padang degan SMAN 2 Padang. SMA 3 dibuat tak berkutik oleh para pemain unggulan SMA 2 yang terdiri Ginola (7), Berry (14), Jemiga (8), dan Adit (9).Sementara SMA 2 berhasil mengantongi 10 gol dan membuat kedudukan SMA 3 jauh tertinggal.


Dimenit pertama Ginola, pemain SMA 2 dengan nomor punggung 7 berhasil mencetak 1 gol. Disusul Berry dengan nomor punggung 14. Kedudukan SMA 3 Padang semakin jauh tertinggal setelah gol ciptaan Ginola kembali. SMA 2 terus melakukan umpan permainan sehingga menjelang babak pertama berakhir, skor laga SMA 3 dengan SMA 2 yaitu 0-6.


Babak kedua usai istirahat, SMA 2 kembali membobol pertahanan gawang SMA 3 lewat sebuah tendangan Berry, pemain SMA 2 dengan nomor punggung 14. Diawal babak kedua, SMA 3 berhasil merubah kedudukan lewat satu tendangan yang membobol gawang SMA 2. Arif F, pemain SMA 3 Padang dengan nomor punggung 19 berusaha mengejar ketinggalan timnya. Hingga babak kedua usai, SMA 2 dibekuk SMA 2 dengan skor akhir 1-10.(*)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan8 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya
Wah, Indonesia Punya 27 Calon Situs Warisan Dunia!

Jumat, 01 April 2011 | 00:28:00 WIB

Wah, Indonesia Punya 27 Calon Situs Warisan Dunia!

Wah, Indonesia Punya 27 Calon Situs Warisan Dunia!:
Dalam situs warisan dunia (World Heritage Sites) UNESCO, hingga saat ini sebanyak 911 tempat telah dimasukkan. Dari jumlah tersebut, 704 termasuk dalam kategori kebudayaan, 180 dalam kategori alam, dan 27 lainnya dalam kategori campuran. Seluruh situs itu tersebar di 151 negara anggota dari 187 negara yang sudah meratifikasi Konvensi Situs Warisan Dunia.

Situs Warisan Dunia UNESCO adalah sebuah tempat khusus (misalnya hutan, pegunungan, danau, gurun pasir, bangunan, kompleks, atau kota) yang telah dinominasikan untuk program Warisan Dunia internasional yang dikelola UNESCO. Program ini bertujuan untuk mengkatalog, menamakan, dan melestarikan tempat-tempat yang sangat penting agar menjadi warisan manusia dunia.

Seperti yang dilansir dari National Geographic, Indonesia sendiri sampai saat ini memiliki tujuh situs yang sudah diakui sebagai Situs Warisan Dunia. Ketujuh situs itu adalah Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Taman Nasional Komodo (1991),Taman Nasional Ujung Kulon (1991), Situs Manusia Purba Sangiran (1996),Taman Nasional Lorentz, Papua (1999), dan Hutan Hujan Tropis Sumatera yang terdiri atas Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (2004).

Tak hanya ketujuh situs tersebut yang Indonesia miliki. Masih ada 27 situs lainnya termasuk dalam daftar tentatif Situs Warisan Dunia UNESCO. Daftar tentatif adalah daftar yang memuat berbagai tempat yang diajukan setiap negara untuk dinominasikan sebagai calon Situs Warisan Dunia.

Ini dia 27 situs yang masuk dalam daftar tentatif itu:

1. Kota Tua Banten (19-10-1995),
2. Kompleks Istana Waruga Burial (19-10-1995),
3. Kompleks Keraton Yogyakarta (19-101995),
4. Kompleks Istana Pulau Penyengat (19-10-1995),
5. Candi Sukuh (19-10-1995),
6. Candi Ratu Boko (19-10-1995),
7. Candi Penataran (19-10-1995),
8. Situs Megalitikum dan Rumah Tradisional Ngada (19-10-1995),
9. Pura Besakih (19-10-1995),
10. Benteng Belgica (19-10-1995),
11. Gua Gajah (19-10-1995),
12. Masjid Agung Demak (19-10-1995),
13. Taman prasejarah Gunongan (19-10-1995),
14. Taman Nasional Betung Kerihun (02-02-2004),
15. Kepulauan Banda (07-02-2005),
16. Taman Nasional Bunaken (07-02-2005),
17. Kepualuan Derawan (07-02-2005),
18. Kepulauan Raja Ampat (07-02-2005),
19. Taman Nasional Taka Bonerate (07-02-2005),
20. Taman Nasional Wakatobi (07-02-2005),
21. Lanskap Kebudayaan Bali (18-01-2007),
22. Situs Bawomataluo (06-10-2009),
23. Situs Candi Muara Takus (06-10-2009),
24. Candi Muarajambi (06-10-2009),
25. Situs Gua Prasejarah di Maros - Pangkep (06-10-2009),
26. Pemukiman Tradisional Tana Toraja (06-10-2009), dan
27. Situs Trowulan - Ibukota Kerajaan Majapahit (06-10-2009).

(opie/nationalgeographic)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya
Ditemukan, Dinosaurus Baru Kerabat T-Rex
Oleh: Fajri Surya Putra

Jumat, 01 April 2011 | 00:40:00 WIB

Sumber: bbc.co.uk
Sumber: bbc.co.uk
« Foto sebelumnya - 1 2 - Foto berikutnya »
Dinosaurus baru ini bernama Zhuchengtyrannus magnus dan diperkirakan memiliki tinggi 4 meter, panjang badan 11 meter dan bobot 6 ton. Meskipun fosil yang ditemukan baru tengkoraknya saja namun para peneliti yakin bahwa ini adalah fosil 'sepupu' T-Rex yang cukup besar. "Sulit untuk menentukan ukuran pasti dari dinosaurus ini apalagi yang ditemukan baru tengkoraknya saja, namun tidak salah lagi kalau Zhuchengtyrannus adalah sepupu T-Rex yang besar," kata Dr. David Hone dari University College Dublin, Irlandia yang memimpin ekspedisi ini.



Nama Zhuchengtyrannus magnus berarti 'pemangsa kejam dari Zhucheng' dinamai begitu karena tulang-tulang ini ditemukan di kota Zhucheng, propinsi Shandong, Cina Timur. Dinosaurus ini diperkirakan hidup sekitar 99 hingga 65 juta tahun yang lalu dan berada di wilayah Amerika Utara dan Timur Asia. Keluarga Tyrannosaurines adalah pemangsa yang ganas dengan tangan yang kecil, dua buah jari dan rahang yang sanggup mematahkan tulang besar dalam sekali gigitan.



Namun ternyata Zhuchengtyrannus memiliki beberapa perbedaan pada rahangnya dibandingkan kerabatnya yang lain. Kombinasi rahang yang kuat ditambah dengan 7 gigi tajam yang lebih 'keluar' dibandingkan keluarga T-Rex lainnya yang lebih menancap ke dalam rahang. Dilihat dari bentuk giginya, fosil ini diperkirakan adalah jenis dewasa karena ukuran giginya mencapai 10 Cm.
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya
Kirim Tulisanmu ke inioke.com
Kreasitek 300x250
Popular Konten
Sherina, Dari 1 Juta Followers Hingga Dikagumi Jackie Chan

Hiburan/Info Selebriti

Popularitas bisa didapatkan di mana saja. Tak hanya di dunia nyata, dunia maya juga menjadi salah satu tempat paling asyik untuk mempopulerkan diri. Ini yang dialami Sherina Munaf, penyanyi cantik asal Bandung ini menjadi orang Indonesia pertama yang twitternya diikuti oleh lebih dari satu juta... detail »

* Ini Dia Jadwal Pertandingan SFC 2011 Hari Ini
* ITS Launching Mobil Sapu Angin
* The Ripul Team Juarai Lomba Debat Salingka Unand
* Ikuti Bunkasai Yuk, Festival Budaya Jepang di..
* Radio Sekolah, Asyiknya Berita Sekolah Mengudara
* SMA 3 Padang Dibantai SMA 2 Padang
* Yuk, Simak Perjalanan Film Indonesia
* April 2011, Mobil Teropong Kunjungi Sekolah di..
* Google Peringati 200 Tahun Robert Bunsen
* UNY Raih Juara Umum Karate POMDA Yogyakarta

Jingga FM
Komentar Konten Terbaru

* fitrioke: Komentar lomba debat yg bertemakan ..
* Ganis Sulanjana: Sistem pendidikan kita memang terpe..
* NaLdi: kalo memang sempat terealisasi, ini..
* Nama Lengkap: rancak bana jo da bajunyo......
* Riyanty J.: Mencari guru inovatif dengan kemamp..
* Porink: Masih banyak alesan kenapa mesti mi..

Komentar Foto Terbaru

* Fixie Mania: Keren gambar nya gan..
* Diana sulviana: justN....... u are very the best,,,..
* kaez: Wow.... ......thats very amazing.!..
* yogi gautama yanas: tetaplah menjadi seorang gadis yang..
* bonny: penampilan saandiko 14 bukittinggi ..
* pegi hendrik: kapan ada olipiade expo lagi di met..

Home/OkeNews/Berita
print send
Mahasiswa ITB Wujudkan Ecocampus

Jumat, 01 April 2011 | 09:53:00 WIB

Mahasiswa ITB Wujudkan Ecocampus

Mahasiswa ITB Wujudkan Ecocampus: (foto: itb.ac.id)
Mahasiswa ITB sedang menggerakkan kegiatan ecocampus. Kegiatan ini berada di bawah naungan Ganesha Hijau (GH), yang merupakan kolaborasi himpunan-himpunan dan unit-unit di ITB.

Himpunan dan unit yang turut berpartisipasi adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G), Himpunan Mahasiswa Planologi (HMP), Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), Himpunan Mahasiswa Biologi "Nymphaea", Himpunan Mahasiswa Geologi, Himpunan Mahasiswa Kimia "Amisca", Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEK), Himpunan Mahasiswa Farmasi (HMF) "Ars Preparandi", Himpunan Mahasiswa Meteorologi (HMME) "Atmoshpaira", Perwakilan mahasiswa Desain Produk Seni Rupa ITB, U-Green, dan Ganesha Bicycler.

Seperti dirilis situs ITB, pada Jumat (25/03/11) lalu, mereka menyelenggarakan Road To ITB Ecocampus, salah satu program ecocampus. Acara ini berupa pameran sehari yang menunjukkan hasil karya berbagai organisasi kemahasiswaan yang dapat berkontribusi pada upaya pelestarian alam.

Untuk kegiatan ecocampus, ITB merupakan universitas yang merintis. Mahasiswa ini berharap ingin menjadikan kampusnya sebagai kampus berwawasan lingkungan.

Mengenai ecocampus, ada tiga hal yang menjadi utama bagi Ganesha Hijau (GH) ITB, yakni Green Infrastructure, Green Policy, dan Green Attitude. Green Infrastructure dicontohkan seperti tong sampah, water tab, dan gedung-gedung kampus yang mempunyai penghawaan memadai tanpa tambahan mesin seperti AC. Sementara itu, Green Policy memuat aturan rektorat tentang penggunaan sumber daya di kampus, dan Green Attitude adalah kebiasaan yang baik memujudkan untuk ecocampus. (ria/itb)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya
Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra

Jumat, 01 April 2011 | 10:11:00 WIB

Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra

Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra: (foto: uny.ac.id)
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta menciptakan alat bantu jalan bagi tunanetra. Ialah Didik Nurwahyudi, mahasiswa Teknik Elektronika menciptakan alat ini dalam rangka proyek akhir.

Ia membuat 'Alat Bantu Jalan Tunanetra Berbasis Mikrokontroler Attiny 2313". Alat ini akan bekerja dengan mendeteksi benda yang menghalangi jalan pengguna. Nantinya, sebagai tanda peringatan terdapat benda bernama buzzer yang mengeluarkan suara "beeb" pada saat ada benda berjarak kurang dan sama dengan 100 cm di depan pengguna.

Seperti diberitakan di situs uny, Didik Nurwahyudi mengaku bahwa ide ini muncul karena obrolannya dengan penyandang tunanetra yang bernama Mujikar yang tinggal di Pete, pada tanggal 29 Mei 2009. Hal yang sering menjadi kendala bagi penyandang cacat adalah saat membawa barang bawaan dengan kedua tangannya, sementara mereka membutuhkan tangan untuk memegang tongkat sebagai alat bantu jalan.

Oleh karena itu, Didik Nurwahyudi melakukan dengan mengamati benda-benda yang dapat memantulkan signal suara dari sensor ultrasonic, yaitu semua benda padat atau benda-benda yang terdeteksi oleh sensor. Fungsi benda tersebut terdapat pada kayu, tembok atau batu.

Ia pun memanfaatkan battery dan sensor ultrasonic. Alat tersebut dipasangkan pada sepatu pengguna (penyandang tuna netra), kemudian setel switch pada posisi ON. Kemudian, alat ini pun siap dipakai. Pada pengembangan kedepannya.

Alat yang diciptakan Didik ini menghabiskan ongkos produksi sebesar Rp. 400.000,-. Ke depannya, ia akan melakukan beberapa penyempurnaan, dengan membuat cashing yang tahan air dan meng-up grade sensorik pada alat ini. (ria/uny)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer