pengunjung

free counters

Kamis, 31 Maret 2011

Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra

Jumat, 01 April 2011 | 10:11:00 WIB

Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra

Mahasiswa UNY Ciptakan Sepatu Khusus Tunanetra: (foto: uny.ac.id)
Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta menciptakan alat bantu jalan bagi tunanetra. Ialah Didik Nurwahyudi, mahasiswa Teknik Elektronika menciptakan alat ini dalam rangka proyek akhir.

Ia membuat 'Alat Bantu Jalan Tunanetra Berbasis Mikrokontroler Attiny 2313". Alat ini akan bekerja dengan mendeteksi benda yang menghalangi jalan pengguna. Nantinya, sebagai tanda peringatan terdapat benda bernama buzzer yang mengeluarkan suara "beeb" pada saat ada benda berjarak kurang dan sama dengan 100 cm di depan pengguna.

Seperti diberitakan di situs uny, Didik Nurwahyudi mengaku bahwa ide ini muncul karena obrolannya dengan penyandang tunanetra yang bernama Mujikar yang tinggal di Pete, pada tanggal 29 Mei 2009. Hal yang sering menjadi kendala bagi penyandang cacat adalah saat membawa barang bawaan dengan kedua tangannya, sementara mereka membutuhkan tangan untuk memegang tongkat sebagai alat bantu jalan.

Oleh karena itu, Didik Nurwahyudi melakukan dengan mengamati benda-benda yang dapat memantulkan signal suara dari sensor ultrasonic, yaitu semua benda padat atau benda-benda yang terdeteksi oleh sensor. Fungsi benda tersebut terdapat pada kayu, tembok atau batu.

Ia pun memanfaatkan battery dan sensor ultrasonic. Alat tersebut dipasangkan pada sepatu pengguna (penyandang tuna netra), kemudian setel switch pada posisi ON. Kemudian, alat ini pun siap dipakai. Pada pengembangan kedepannya.

Alat yang diciptakan Didik ini menghabiskan ongkos produksi sebesar Rp. 400.000,-. Ke depannya, ia akan melakukan beberapa penyempurnaan, dengan membuat cashing yang tahan air dan meng-up grade sensorik pada alat ini. (ria/uny)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer