pengunjung

free counters

Rabu, 25 Mei 2011

Hati-hati, Gigi Berlubang Bisa Menular

Senin, 31 Januari 2011 | 11:35:00 WIB

Hati-hati, Gigi Berlubang Bisa Menular
Hati-hati, Gigi Berlubang Bisa Menular: (foto: chubbyharusdirejam.blogspot.com)
Banyak orang berpikir bahwa penyebab gigi berlubang disebabkan oleh mengonsumsi permen, gula atau semua makanan dan minuman yang manis. Akan tetapi, sebuah penelitian mengemukakan bahwa orang yang mempunyai gigi berlubang juga bisa menularkan ke orang lain. Bagaimana bisa?

Bakteri penyebab gigi berlubang dan gigi busuk yang disebut streptococcus mutans, bisa menular seperti halnya bakteri pilek atau flu yang menyebar dari satu orang ke orang lain. Cara penularannya melalui kontak dengan orang yang mempunyai gigi berlubang.

Hal ini terjadi pada orangtua dengan anaknya jika mereka saling berbagi sendok atau berbagi alat seperti perlengkapan mandi atau makan bersama, serta melakukan kegiatan lain yang bersama. Hal  ini dapat memindahkan partikel air liur dari satu mulut ke mulut lainnya.

Gigi berongga adalah kerusakan di bagian gigi yang berkembang menjadi lubang. Gigi berlubang ini awalnya berasal dari gigi berongga. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kombinasi dari beberapa faktor seperti tidak membersihkan gigi dengan baik, sering mengemil, adanya plak di gigi serta kerusakan gigi yang terjadi terus menerus.

Seperti dikutip dari menshealth.com, juru bicara dari Academy of General Dentistry menyatakan bahwa gigi berlubang atau berongga adalah salah satu penyakit yang bisa menular. Meski demikian, siapa saja bisa mencegah hal tersebut.

Menyikat gigi di pagi hari dan sesaat sebelum tidur belumlah cukup untuk membersihkan gigi. Karena seseorang tetap harus menyikat gigi setiap kali selesai makan untuk membersihkan bakteri di mulut yang juga ikut makan.

Ketika bakteri tersebut mengkonsumsi sisa-sisa makanan di gigi akan menghasilkan asam, dan nantinya asam inilah yang menyebabkan gigi berongga. Jika tidak membersihkan gigi di antara waktu makan, maka gigi akan berada dalam lingkungan asam sepanjang hari dan asam ini akan menggerogoti gigi.

Masalah gigi berlubang umumnya terjadi pada anak-anak, tapi sebenarnya siapa saja bisa mengalaminya, termasuk bayi, orang dewasa ataupun orang yang sudah tua. Jika gigi berlubang ini tidak ditangani dengan baik, maka akan memicu terjadinya pembusukan lebih parah yang dapat menyebabkan sakit gigi, infeksi, kehilangan gigi atau komplikasi lain.

Jadi, hati-hati dengan gigi berlubangmu, dan mari jaga kesehatan gigi. (ria/berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer