pengunjung

free counters

Rabu, 25 Mei 2011

Pelajar Jepang Paling Disiplin Sedunia

Rabu, 25 Mei 2011 | 12:48:00 WIB

Murid SMP dan SMA adalah murid yang susah diatur. Itu benar karena masa-masa remaja ingin segalanya bebas dan tak mau diatur. Kalau melihat keadaan sekolah yang murid-muridnya suka meribut dan sulit untuk diatur, kita sampai berpikir adakah negara di dunia ini yang pelajarnya disiplin? Jawabannya adalah Jepang!

Sebuah studi dari 'Organisation for Economic Co-operation and Development' (OECD) menyebutkan bahwa Jepang adalah negara yang murid-muridnya sangat disiplin dibandingkan negara-negara lain di dunia. Sebelumnya organisasi ini menyebutkan bahwa Inggris negara yang lebih disiplin dalam mengatur pelajarnya, tapi setelah dipelajari lebih lanjut negara-negara di Asia ternyata lebih unggul dalam hal kedisiplinan.

Data yang diambil pada tahun 2009 ini dibandingkan dengan data-data analisa yang sama pada tahun 2000. "Masyarakat umum sejak dulu berpendapat kalau mereka (pelajar SMP dan SMA) sangat sulit diatur dan guru acap kali kewalahan menghadapi mereka. Tapi ternyata pendapat populer ini keliru," demikian salah satu kutipan dari laporan OECD. Dalam laporan itu pula disebutkan bahwa banyak yang menduga sejak tahun 2000 kedisiplinan pelajar semakin parah, tapi ternyata malah terus membaik hingga tahun 2009.

Banyak faktor yang mempengaruhi kedisiplinan sebuah instansi pendidikan dan faktor pendidikan sendiri yang kerap disalahkan. Padahal seharusnya bukan hanya pihak sekolah saja yang berperan dalam mendidik moral siswa, orang tua dan lingkungan juga turut memberkan pengaruh moral pada pelajar.

Berikut ini adalah 10 negara yang meraih peringkat negara dengan tingkat kedisiplinan pelajar yang tinggi versi OECD :

1. Jepang
2. Kazakhstan
3. Shanghai - Cina
4. Hong Kong - Cina
5. Rumania
6. Korea Selatan
7. Azerbaijan
8. Thailand
9. Albania
10. Federasi Rusia
(*)
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan  | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer