pengunjung

free counters

Selasa, 17 Mei 2011

Sealand, Negara Terkecil di Dunia

Sabtu, 14 Mei 2011 | 10:37:00 WIB
Sealand, Negara Terkecil di Dunia
Sealand, Negara Terkecil di Dunia: foto: damninteresting.com
Sealand mungkin adalah negara mini yang paling dikenal secara luas.  Negara mikro ini mengklaim wilayahnya mencakup Roughs Tower, sebuah menara bekas yang dahulu digunakan untuk membantu pertahanan saat perang dan lautan dalam radius 12 nautical-mile. 

Roughs Tower terletak sekitar 10 km lepas pesisir Suffolk, Inggris. Jumlah penduduknya yang tinggal di menara tersebut jarang melebihi lima orang, dan wilayahnya yang dapat dihuni mempunyai luas sebesar 550 m².

Paddy Roy Bates (Knock John) menghuni tempat ini dengan menjalankan stasiun radio bajak laut. Dia dan keluarganya kemudian menyatakan Sealand sebagai sebuah negara, hingga menerbitkan paspor sendiri. Bates mengaku Sealand telah diakui secara de facto oleh Jerman dan Inggris.

Pada 1978, ada kejadian menarik. Saat Bates keluar negeri, Alexander Achenbach yang mengaku sebagai Perdana Mentri Sealand, bersama beberapa orang Jerman dan komplotan Belanda, melakukan kudeta terhadap wilayah ini. 

Bates kemudian meminta bantuan militer untuk merebut kembali Sealand, hingga akhirnya Achenbach dan komplotannya ditangkap. Karena Achenbach memiliki paspor Sealand, maka ia ditahan sebagai penghianat negara, sedangkan komplotannya dibebaskan. (opie, berbagai sumber)
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan3 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer