pengunjung

free counters

Jumat, 03 Juni 2011

Tour de Singkarak Siap Digelar

Sabtu, 04 Juni 2011 | 07:13:00 WIB
Tour de Singkarak Siap Digelar
Tour de Singkarak Siap Digelar:
Iven balap sepeda Tour de Singkarak 2011 siap digelar. Esok, 6 Juni 2011, iven ini akan dibuka di Padang sekaligus lokasi start, dan berakhir 12 Juni 2011.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Jero Wacik meresmikan peluncuran Tour de Singkarak 2011 di Balairung Soesilo Sudarman, Kemenbudpar, pada 20 Mei lalu. Acara peluncuran bersama dengan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menandai siap digelarnya perhelatan akbar Tour de Singkarak pada 6 hingga 12 Juni 2011 mendatang.

Tour de Singkarak yang memperebutkan hadiah uang sebesar Rp 750 juta ini akan diikuti 15 tim internasional dan 11 tim nasional. Tour de Singkarak 2011 akan diikuti oleh 234 pebalap dari 15 tim/negara yang meliputi Jepang, China, Iran, Indonesia, Filipina, Australia, Malaysia, Belanda, Inggris, China Taipei, Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kyrgistan dan Spanyol. Khusus peserta dari dalam negeri akan terbagi dalam 10 tim, yang meliputi sejumlah klub profesional dan tim nasional balap sepeda.

Ajang balap sepeda ini berjarak 739,3 kilo meter. Kegiatan ini akan melombakan 7 etape dan melewati 12 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

Ketujuh etape tersebut adalah Etape 1 Padang, Etape 2 Padang-Sicincin-Pariaman, Etape 3 Pariaman-Bukittinggi, Etape 4 Bukittinggi-Lembah Harau, Etape 5 Payakumbuh-Sawahlunto, Etape 6A Sawahlunto-Istana Basa Pagaruyung, Etape 6B Istana Basa Pagaruyung-Padang Panjang, Etape 7A Padang Panjang-Danau Kembar dan Etape 7B Danau Kembar-Danau Singkarak.

Sebanyak 12 kabupaten dan kota yang terlibat dalam perhelatan ini adalah Pemerintah Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten 50 Kota.

Namun, para pembalap Tour De Singkarak (TDS) 2011 hanya akan menginap di tiga kota yaitu Padang, Bukitinggi dan Sawahlunto. Ketiga daerah tersebut memiliki penginapan yang representatif bagi para pembalap dan official TDS 2011.

Polisi Daerah Sumatera Barat menjaga ketat jalannya lomba balap sepeda Tour de Singkarak yang berlangsung sejak 6 Juni hingga 12 Juni 2011. Tiga tim penjinak bom dari satuan Gegana Brimob Polda Sumbar diturunkan mengamankan jalannya lomba. Selain menurunkan 30 orang penjinak bom, secara keseluruhan, Polda Sumbar menurunkan 4.558 personel untuk mengamankan sejumlah fasilitas penginapan atlet dan jalur yang dilewati.

Satu unit helikopter juga akan dioperasikan pada saat Tour de Singkarak (TdS) 2011 di Sumatera Barat, untuk mengambil gambar dari udara bagi jurnalis televisi nasional yang bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

TdS 2011 adalah tahun ketiga penyelenggaraan ajang ini. Untuk meningkatkan kualitas TdS, Kemenbudpar akan mengundang penyelenggara Tour de France, Amaury Sport Organization
(ASO). (opie, berbagai sumber)
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan3 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer