pengunjung

free counters

Senin, 25 April 2011

Rajin Gosok Gigi Membuat Paru-paru Sehat

Senin, 25 April 2011 | 11:06:00 WIB

Rajin Gosok Gigi Membuat Paru-paru Sehat

Rajin Gosok Gigi Membuat Paru-paru Sehat: (foto: keripiku.blogspot.com)
Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Periodontology menyatakan bahwa

kesehatan mulut mempengaruhi kesehatan paru-paru. Hal ini dinyatakan dalam penemuan penelitian tersebut bahwa penyakit gusi dapat meningkatkan resiko berbagai kondisi pernafasan, termasuk pneumonia, infeksi saluran pernafasan atas, bronkitis akut, bahkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Dalam studi diketahui bahwa bakteri yang disebabkan penyakit periodontal, yang merupakan peradangan kronis dari jaringan gusi serta tenggorokan atas dan kemudian dapat terhirup ke dalam saluran pernapasan bagian bawah, bisa bersarang di daerah tersebut.

Lambat laun, bakteri yang bersarang, dapat menghambat pernafasan dan mengakibatkan masalah paru-paru yang sangat serius.

Dikutip dari dikutip dari laman Aol, Donald S. Clem, President American Academy of Periodontology, telah melakukan penelitian terhadap 200 peserta yang berusia 20 sampai 60 tahun. Setengah dari peserta merupakan pasien yang menderita penyakit pernafasan. Sedangkan setengahnya lagi merupakan peserta yang sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit paru-paru.

Setiap subjek diberi ujian lisan untuk menilai secara luas tentang masalah kesehatan gigi.
Para peneliti mengetahui bahwa pasien yang menderita penyakit pernafasan memiliki kesehatan periodontal yang lebih buruk, dibandingkan peserta yang sehat. Inilah yang menjadi petunjuk awal hubungan antara penyakit pernapasan dan penyakit periodontal.

Untuk mencegah risiko tersebut, ditekankan pentingnya membersihkan rongga mulut dengan tepat, termasuk menyikat gigi setiap hari, flossing gigi serta melakukan memeriksakan gigi secara rutin.

Bagi remaja Indonesia, caranya mudah kok. Mulailah melakukan pendekatan dengan dokter gigi atau periodontist, agar mengetahui penyakit berbahaya seperti pneumonia atau COPD dan cara mencegah sejak dini. (ria/aol)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer