pengunjung

free counters

Senin, 25 April 2011

Ayo, Hadapi Stres dengan 9 Tips Oke
Oleh: Fajri Surya Putra

Senin, 25 April 2011 | 06:50:00 WIB

Ayo, Hadapi Stres dengan 9 Tips Oke

Ayo, Hadapi Stres dengan 9 Tips Oke: (foto: merahdjambu.multiply.com)
Tak ada manusia yang luput dari masalah, termasuk kita para remaja. Terkadang stres

dapat mengganggu aktivitas kita sebagai remaja. Hal itu dapat dimaklumi, namanya saja remaja, tentu sedang dalam tahap pertumbuhan dan stres dapat dialami remaja karena beberapa hal tertentu.

Ada yang stres karena masalah keluarga, teman, pacar, pelajaran di sekolah dan ada juga yang stres karena takut UN nanti gagal dan tidak dapat meneruskan ke bangku perkuliahan.

Tak masalah, tapi kalau dibiarkan terus, stres dapat merusak kesehatan juga lho. Ayo, kita hadapi stres dengan 9 tips berikut ini:

Karaoke
Suara sumbang? Peduli amat, berteriaklah sekencang-kencangnya dengan saat berkaraoke bersama teman. Atau kalian bisa pergi ke resto karaoke terdekat dan pasang lagu-lagu yang nge-beat. Hmm, dijamin stres akan langsung hilang seketika! Malu berkaraoke bersama teman? Kamar mandi ada, nyanyikan lagu Slank sekencang-kencangnya, kalau perlu pakai gaya bak penyanyi di atas panggung.

Pergilah keluar rumah
Maksudnya bukan minggat dari rumah, tapi berjalan-jalan keluar rumah. Hilangkan penat ketika belajar di rumah dengan berjalan sore, pergi ke taman dan tidur-tiduran di atas rumput sembari melihat awan putih. Usahakan melihat warna hijau alami seperti pohon dan rerumputan agar mata rileks. Malas berjalan kaki? Ambil sepedamu dan kayu perlahan sambil menikmati angin sore, sapa juga orang-orang yang lewat. Ah, segarnya hari kalau bisa menikmati alam ini. Sungguh beruntung bagi teman-teman di pedesaan, bisa menikmati pemandangan dengan gratis tanpa perlu berjalan-jalan naik mobil.

Tertawalah
Ha ha ha ha ha...!!! Tertawa memang menyenangkan, selain menghilangkan stres juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hidupkan TV-mu dan tonton acara lawakan atau kalau sedang bersama teman-teman coba ceritakan pengalaman lucu kalian. Ceritakan juga hal-hal terbodoh kalian waktu sekolah atau buat kuis lelucon terlucu diantara kalian. Wah, pantas saja tertawa bisa membuat umur panjang, ternyata hidup bahagia itu menyenangkan! Ha ha ha ha!

Menarilah
Pilihlah lagu favorit dari iPod kalian, hidupkan dengan volume keras-keras, tutup pintu kamar kalian dan bergoyanglah sesuka hati! Pasti terasa sangat menyenangkan. Tak perlu ragu mau joget sampai pusing atau joget dengan gaya paling aneh, yang penting joget!

Carilah hobi baru
Dan main Play Station bukanlah sebuah hobi. Sebuah studi mengatakan bahwa main game, SMS-an, nonton TV dan main facebook malah akan membuatmu tambah stres. Carilah hobi yang benar-benar baru buat kalian, kalau tidak bisa main gitar maka belajar main gitar, kalau tidak bisa melukis maka belajar melukis. Bisa juga seperti belajar menanam, main basket, belajar fotografi, pokoknya apapun yang bisa merilekskan pikiran kalian.

Mengobrol
Mengobrol terbukti dapat mengurangi stres. Coba ke rumah temanmu dan tidur-tiduran di kasurnya sambil mengobrol apapun topiknya. Atau jika kalian punya sesuatu yang mengganggu di hati bisa curhat dengan teman kalian. Bisa juga mengobrol dengan peliharaan kalian seperti kucing atau anjing (ikan di akuarium tidak termasuk). Lagipula kalian mau ngomel seperti apapun anjing dan kucing akan tetap memandangi kalian dengan aneh dan minta dielus-elus.

Meditasi
Meditasi artinya menenangkan diri dengan bernapas. Mari kita coba, gunakan pakaian yang tidak membuat panas, duduk bersila di tempat yang sejuk dan nyaman (di lantai, bukan di kursi), letakkan kedua tangan di lutut, tutup mata kalian, bayangkan sebuah tempat yang indah dan menyejukkan, tarik nafas dalam-dalam, keluarkan perlahan, tarik nafas dalam-dalam, keluarlah perlahan, lakukan terus selama 5 menit. Bermeditasi akan membuat hati tenang dan jantung kalian berdetak perlahan, stres pun berkurang.

Berolahraga
Gerakkan badanmu, coba main basket atau main bola bersama teman-temanmu. Kalau tidak suka olahraga yang berat, kalian bisa mencoba dengan jogging atau senam ringan. Kenapa harus berolahraga dikala stres? Coba bayangkan, ketika kalian stres maka kalian akan cenderung duduk dan tidur bukan? Hal-hal seperti itu malah akan membuatmu sakit kepala, sakit perut dan sebagainya. Dengan berolahraga maka pikiran kalian akan teralihkan karena menikmati waktu bersama teman-teman.

Yoga
Pernah mencobanya? Jika pernah tentu kalian tidak akan kesulitan mencobanya. (*)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan7 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer