pengunjung

free counters

Senin, 25 April 2011

7 Password yang (sangat) Mudah Di Tebak
Oleh: Fajri Surya Putra

Minggu, 24 April 2011 | 15:00:00 WIB

Password

Password: Jangan sepelekan fungsinya
Password sangatlah penting. terutama di dunia online yang serba rahasia. Dengan password, siapapun tidak akan bisa mengotak-atik aplikasi web kita seperti

Facebook, Twitter, Yahoo! dan sebagainya.

Ironisnya, banyak orang yang menggampangkan fungsi password sebagai alat keamanan. Padahal akibatnya bisa sangat berbahaya. Jika kita sembarangan memasang pasword Facebook sudah pasti orang-orang akan tahu dan dengan mudahnya mengotak-atik isi Facebook kita. Apalagi kalau password email yang isinya sangat penting untuk pekerjaan kita.

Berikut ini adalah daftar password-password yang umum digunakan dan sudah pasti mudah ditebak oleh siapapun:

1. password

Biasanya password "password" ini digunakan oleh orang yang sangat malas gonta-ganti password. "password" juga acap kali digunakan untuk modem warnet dan kantor sehingga jangan heran kalau tiba-tiba internet kita mati atau dibajak orang karena password ini.

2. 12345

Ini juga sangat terkenal, selain digunakan di handphone juga sering digunakan untuk password komputer. Entah siapa penemunya tapi password yang satu ini paling gampang untuk diingat.

3. Tanggal lahir/tanggal jadian

Biasanya bentuknya seperti ini: 26mei91 atau 310187. Password macam ini juga sering digunakan untuk PIN ATM. Terlebih lagi orang yang sedang pacaran juga acap kali menggunakan password tipe ini. Jadi, waspadalah!

4. asdfghjkl / qwerty123456 / aa11bb22cc33

Jangan! Sekali lagi, Jangan pernah menggunakan password klasik ini! Biasanya yang menggunakan password tipe ini adalah mereka yang hobi main game online. Alasannya hanya ada 2, gampang diingat dan "siapa juga yang mau meng-hack ID gue?" begitu jawaban salah seorang teman sebelah saya waktu main di warnet.

5. teletubbies

Lucu? Atau menggemaskan? Bagi kita yang sudah cukup umur mendengar nama "Teletubbies" saja rasanya ingin tertawa terpingkal-pingkal. Sebagai tokoh dambaan adik-adik kita, nama ini melekat dengan sempurna di kepala setiap orang.

6. Umpatan

Apapun umpatannya, baik itu dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia sudah pasti diketahui oleh semua orang. Umumnya yang menggunakan password macam ini adalah mereka yang hobi pergi ke forum-forum online.

7. Nama film, band, artis atau pahlawan

Jangan pernah menuliskan email dengan nama favorit kalian seperti: 'aji_a7x@yahoo.co.id' atau 'nana_luphbieber31@gmail.com'atau 'veni_chayank_smash@yahoo.com' dan lain sebagainya, karena sudah pasti password kalian seputar nama email favorit kalian. Jika kalian fans berat Justin Bieber, paling tidak password kalian seperti tanggal ulang tahunnya atau judul lagunya. Atau jika kalian penggemar Smash, paling tidak kalian akan menuliskan nama salah satu anggota Smash. Berlaku untuk kalangan umum dan anak-anak muda yang dimabuk kepayang oleh artis.

Sebenarnya, masih banyak lagi tipe-tipe password yang sering digunakan orang. Namun 7 inilah yang paling umum dan semua orang tahu. Lalu bagaimana caranya membuat password yang sukar ditebak orang?

- Minimal 6 karakter
- Kombinasikan huruf dan angka
- kalau perlu masukkan spasi dan tanda '_'
- kombinasikan huruf besar dan kecil
- kalimat yang kamu tahu tapi orang lain tidak tahu
- Bukan kutipan orang-orang terkenal

Dan pastikan untuk tidak menggunakan password yang sama dalam dua tempat. Misalnya, jika password Facebook kalian adalah '5o5lS 90RenG' maka jadikan password email kalian 'Nlkm4t3uY'.
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan3 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer