pengunjung

free counters

Senin, 25 April 2011

Mahasiswa Minang di Bogor Gelar Pergelaran Seni Tradisi

Minggu, 24 April 2011 | 07:14:00 WIB

Mahasiswa Minang di Bogor Gelar Pergelaran Seni Tradisi

Mahasiswa Minang di Bogor Gelar Pergelaran Seni Tradisi: ilustrasi
Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Minang se-Bogor Raya, Sabtu, menggelar kegiatan

bertajuk "Pergelaran Seni Tradisi dan Prestasi" (Presentasi) Sumatera Barat 2011 dipusatkan di GedungGraha Widya Wisuda Institut Pertanian Bogor (GWW-IPB). Kegiatan yang dibuka pembina IPMM se-Bogor Raya Aziz Darwis itu, diselenggarakan pelajar dan mahasiswa Minang, yang digerakkan oleh mahasiswa IPB asal Sumbar. Demikian diberitakan Antara (24/4).

Peneliti di Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (PKSPL) IPB dan juga salah satu pembina IPMM se-Bogor Raya, J Indra Chaniago,kegiatan Presentasi itu, mempersembahkan berbagai kegiatan, baik yang
sifatnya akademik seperti seminar, juga menampilkan berbagai penampilan seni dan budaya dari Sumbar.

Dalam penampilan seni-budaya tersebut dikenalkan "Sanggar Sarumpun", perkenalan calon "uda" dan "uni", peragaan busana peserta calon "uda" dan "uni", pameran kuliner, pemutaran "movie maker" tentang pariwisata dan budaya, penampilan randai, tari, karawitan, dan acara puncaknya pada malam hari adalah panggung budaya.

Ada pula sesi seminar dalam acara ini. Cendekiawan Sumbar yang juga dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan, Fakultas Kehutanan IPB Ricky Avenzora menjadi pemateri dalam semianar ini. Beliau berbicara seputar potensi wisata, dan Dr Errizal Jamak, dari Badan Litbang Pertanian, yang membahas komoditas unggulan pertanian daerah berjuluk "Ranah Minang" itu.

Ricky Avenzora menyatakan bahwa belum optimalnya potensi pariwisata di Sumbar, bukan disebabkan oleh kurangnya kegiatan kepariwisataan berskala internasional, namun lebih pada visi dan misi dari pemerintah daerah yang belum jelas, dan juga belum adilnya dukungan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Budaya dan Pariwisata terhadap semua daerah. (opie/ant)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan32 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer