pengunjung

free counters

Minggu, 10 April 2011

Hari Minggu di Sekolah Anti Korupsi
Oleh: Sefniwati *

Minggu, 10 April 2011 | 19:35:00 WIB

Hari Minggu di Sekolah Anti Korupsi

Hari Minggu di Sekolah Anti Korupsi: (foto: Sisri/BEM KM Unand)

Padang-inioke. Sebagai bentuk dari kepedulian mahasiswa Unand dengan tindak korupsi di negeri ini, didirikanlah Sekolah Anti Korupsi (SAK) yang dibina oleh Departemen Luar Negeri BEM KM Universitas Andalas.

Setiap minggunya, SAK mengadakan pertemuan dengan dibumbui materi-materi yang telah diatur dalam kurikulum. Untuk minggu ini, 9 April 2011 pertemuan diadakan di Sekretariat BEM KM Universitas Andalas pada pukul 08.00 WIB. Untuk suguhan materi pertama yaitu tentang protokoler oleh pemateri ibu Enim Yasmi, S.Sos.

Pada hari ini tidak hanya ada Sekolah Anti Korupsi, tetapi juga ada Sekolah Lepemimpinan yang dibina oleh PSDM BEM KM Universitas Andalas. Dalam materi ini siswa masing-masing sekolah diperkenalkan lebih jauh tentang dunia MC. Bagaimana seharusnya menjadi protokol yang baik, dan apa yang membedakan protokol dengan pembawa acara, serta masih banyak lagi hal-hal yang berkenaan dengan hal tersebut.

Sementara itu, materi kedua adalah tentang jurnalistik oleh Ria Febrina, Pemred inioke.com. Sekolah anti korupsi untuk saat ini lebih diarahkan kepada pergerakan intelektual yaitu membaca, berdiskusi, dan menulis. Sehingga materi jurnalistik dirasa perlu diperkenalkan kepada siswa SAK. Ria Febrina sangat memotivasi para siswa untuk giat menulis agar apa yang dipikirkan dan apa yang dirasa juga bisa diketahui masyarakat umum. "Menulislah, maka kamu ada," ujar Ria dalam menyampaikan materi jurnalistik. Beliau juga bercerita tentang media online yang dibinanya, yakni media yang dikelola dan diisi oleh remaja.

Sebagai mahasiswa yang berada di zaman sekarang, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan kepedulian akan tanah air, tidak dengan anarkis, akan tetapi dengan cara yang lebih halus sehingga menumbuhkan rasa malu, itulah pendidikan anti korupsi.

* Sefniwati , pembaca inioke.com yang mengirimkan tulisannnya ke redaksi. Dapat dihubungi melalui email chidori28@yahoo.com
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan38 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer