pengunjung

free counters

Minggu, 10 April 2011

5 Makanan Sehat Pengundang Kantuk
Oleh: Fajri Surya Putra

Kamis, 07 April 2011 | 09:47:00 WIB

Susu Hangat

Susu Hangat: Ternyata Dapat Mengundang Kantuk Lho. (foto: lapar.com)
Apa kalian punya kesulitan untuk tidur? Malas minum obat tidur karena takut kecanduan? Tidak apa-apa, kalian bisa mencoba 5 camilan dibawah ini sebagai obat tidur alami kalian. Tenang, camilan dibawah ini tentunya menyehatkan dan tidak akan membuat badan kalian melar. Tapi awas, jangan sampai kalian ketiduran di siang hari. Apa sajakah makanan pengundang kantuk itu?

1. Buah Ceri

Baik yang segar atau pun kering, ceri merupakan satu-satunya sumber melatonin yang ada dalam makanan. Melatonin adalah senyawa yang mengontrol jam internal tubuh untuk mengatur tidur. Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi ceri satu jam sebelum waktu tidur atau sebelum berpergian jika kita mau tidur di pesawat.

2. Pisang

Potasium dan magnesium adalah zat alami yang mampu membuat otot rileks. Dan buah kuning ini memiliki keduanya. Plus, pisang juga mengandung asam amino L-tryptophan, yang nantinya akan diubah dalam otak menjadi 5-HTP. Kemudian, giliran 5-HTP akan diubah menjadi serotonin (hormon pemberi rasa nyaman) dan melatonin.

3. Roti Panggang

Asupan kaya karbohidrat akan memicu produksi insulin, dan menyebabkan kita mengantuk dengan mempercepat pelepasan serotonin dan tryptophan. Kedua senyawa ini bertugas membuat kita rileks dan mengatar kita cepat ke alam mimpi.

4. Oatmeal

Layaknya roti panggang, satu mangkuk oatmeal akan mendongkrak naiknya gula darah yang nantinya meningkatkan produksi insulin dan melepaskan zat otak pembuat kantuk. Tak hanya itu, oatmeal juga kaya akan melatonin.

5. Susu Hangat

Seperti pisang, susu mengandung asam amino L-tryptophan, yang berubah menjadi 5-HTP dan melepaskan serotonin yang menenangkan. Tingginya kadar kalsium dalam susu juga membantu kita cepar tertidur.
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan22 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer