pengunjung

free counters

Kamis, 05 Mei 2011

Layar 3-D Tanpa Kacamata 3-D dari MIT

Oleh: Fajri Surya Putra

Kamis, 05 Mei 2011 | 11:24:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi: (sumber foto : gizmodo.com)
Nintendo 3DS adalah terobosan baru untuk dunia 3-D. Bagaimana tidak, sebuah konsol game yang mungil saja bisa menampilkan gambar 3-D tanpa harus menggunakan kacamata. Apalagi banyak pendapat para ahli yang mengatakan di masa depan nanti seluruh layar di dunia akan menampilkan 3-D.

Setidaknya MIT sudah berusaha untuk mewujudkan layar 3-D yang bebas kacamata 3-D. Mereka menyebutnya HR3D dan menurut sejumlah ahli di MIT, HR3D dapat memperpanjang umur batere hingga dua kali lipat tanpa harus mengorbankan intensitas cahaya dan resolusi monitor! Juga menurut mereka lagi layar terobosan baru ini memiliki sudut penglihatan yang lebih lebar dan dari sudut manapun akan menampilkan efek 3-D yang maksimal!

HR3D menggunakan dua lapisan layar kristal cair. Tapi tidak menggunakan gabungan vertikal atau lubang kecil sebagai penghalang paralaks multiperspektif sebagaimana layar 3-D biasanya, MIT menyesuaikan bagian atas layar dengan pola gambar dibawahnya.

Para peneliti MIT sendiri masih bingung seperti apa pola yang akan dibuat nanti. Namun mereka akan segera menemukannya setelah berbagai macam kalkulasi rumit diselesaikan sehingga akan terlihat pola itu nantinya akan sangat mirip dengan sumber gambar yang ditampilkan.

Kita tunggu saja kehadiran layar ini dari MIT. Dan semoga saja layar ini tidak menimbulkan efek negatif untuk mata, karena menurut peneliti MIT ini lagi layar ciptaan mereka dapat dinikmati untuk segala usia.
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan3 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer