pengunjung

free counters

Kamis, 05 Mei 2011

Apa Itu Gangguan Kecemasan?

Oleh: Fajri Surya Putra

Rabu, 04 Mei 2011 | 13:13:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi: (http://anxietyagoraphobia.info)
Sore hari, kamu dengan adikmu baru saja pulang les. Kebetulan orang tuamu tidak bisa menjemput dan kamu terpaksa harus naik angkot. Ternyata angkotnya kepenuhan dan tahu-tahu kamu lupa kalau adikmu ketinggalan. Tapi adikmu sempat berteriak, "Nanti aku naik angkot yang satu lagi aja, kak!".

Di tengah jalan kamu kepikiran adikmu terus. "Aduh, gimana ya? Dia bisa pulang ga ya? Aduh, gimana kalo dia nanti di copet? Di palak orang?" Kamu menggumam terus sambil tak henti-hentinya mencemaskan keadaan adik kamu yang padahal umurnya sudah 13 tahun.

Itu artinya kamu sedang mengalami gangguan kecemasan atau 'anxiety disorder'. Cemas adalah hal yang lumrah bagi manusia. Namun kalau reaksi cemasmu seperti contoh cerita diatas, hmmm, bisa-bisa nanti kamu dibilang temanmu 'lebay'.

Gangguan kecemasan adalah kondisi kesehatan mental yang melibatkan kecemasan, ketakutan, gugup, atau kekhawatiran secara berlebihan yang dapat mengakibatkan seseorang merasa selalu sibuk, bingung, tegang, dan selalu waspada akan apa saja. 

Gangguan seperti ini bisa dilanda oleh siapa saja termasuk kita para remaja. Bagi yang telah melaksanakan UN, coba ingat-ingat lagi sewaktu UN hari pertama. Pasti ada beberapa orang temanmu yang tegang, berkeringat dingin, kadang ada juga yang ngucap-ngucap tak tentu karena khawatir bagaimana kalau gagal, apa kata orang tua dan sebagainya. 

Penyebab gangguan ini tidak ada yang tahu, karena muncul mendadak atau bisa saja dibangun oleh orang itu sendiri sampai orang itu merasa ada sesuatu yang salah. Terkadang gangguan ini bisa menciptakan rasa tidak nyaman, malas melakukan sesuatu dan rasanya dunia akan runtuh atau kiamat.

Bagaimana menyembuhkannya? Bicarakan pada orang tuamu, curhat pada mereka tentang apa yang kamu khawatirkan dan apa yang kamu takutkan dapat membantu mengurangi rasa khawatirmu. Kemudian kamu harus melakukan olahraga dan makan dengan teratur, jangan lupa agar tidur yang cukup karena terkadang kelelahan dapat menciptakan suasana khawatir pada dirimu. 

Kalau masih merasa ada yang salah, kamu bisa menghubungi seorang ahli kejiwaan atau seorang terapis. Mereka ini dapat membantumu mencarikan penyebab gangguan kecemasan yang sedang kamu hadapi dan akan membantumu tenang dan menyelesaikan masalah yang sedang kalian hadapi.
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan  | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer