pengunjung

free counters

Kamis, 05 Mei 2011

10 Kota Berpolusi Tinggi di Amerika Serikat

Oleh: Fajri Surya Putra

Kamis, 05 Mei 2011 | 09:36:00 WIB
Los Angeles
Los Angeles: Kota ini meraih peringkat pertama sebagai kota berpolusi paling parah. (Sumber Foto : webmd.com)
Dari tahun ke tahun emisi gas buang semakin menambah kotor udara bumi ini. Kota-kota besar adalah sumber perusak kebersihan udara kita.

Sebuah situs kesehatan di Amerika Serikat telah membuat 10 kota dengan polusi udara terparah di Amerika Serikat. Kota-kota mana sajakah yang masuk daftar kota dengan polusi udara terparah? Yuk, kita simak.

10. Charlotte, North Carolina
Kota dengan tingkat pertumbuhan tercepat ini meraih peringkat 10 sebagai kota berpolusi parah versi Asosiasi Paru-paru Amerika Serikat. Tingkat pertumbuhan yang cepat memicu banyaknya aktivitas ekonomi, itu artinya ada banyak mobil yang berlalu lalang. Ditambah lagi pembangkit listrik tenaga batu bara juga mengambil peran polusi di kota ini.

9. Merced, Calif
Delapan dari 10 kota berkabut ada di California, tentunya karena emisi kendaraan dan polusi. Namun Merced yang bentuknya menyerupai mangkuk ini terjebak oleh gunung yang mengitarinya. Artinya semua asap mobil, truk, penggiling gandum dan sebagainya terjebak di kota ini. Merced adalah wilayah pertanian nomor satu di Amerika Serikat dan merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Yosemite.

8. Houston, Texas
Peringkat Houston meningkat terus sejak 2008 sebagai kota dengan polusi terparah. Namun sekarang menurun menjadi nomor 8. Penyebab utama polusi di kota ini tidak lain karena adanya pabrik petrokimia di pinggiran kota yang menghasilkan nitrogen oksida dan komponen organik volatil. Komisi Kualitas Lingkungan Texas sekarang memonitor setiap emisi dengan kamera infrared dan membatasi emisi dari pabrik kimia.

7. San Diego, Calif
Kota kedua terbesar di California ini adalah kandang angkatan laut Amerika Serikat. Secara geografis lokasi San Diego sangat cocok untuk tempat parkirnya kapal-kapal tanker dan kapal layar. Namun angin laut yang kencang meniup emisi-emisi karbon ke tengah kota, padahal kota ini terjebak oleh gunung yang ada di sekitarnya. Terkadang kabut kiriman juga datang dari selatan Los Angeles.

6. Hanford, Calif
Kota ini sebenarnya kota pertanian dan jaraknya sama jauh ketika berkendara dari San Fransisco ke Los Angeles. Walaupun populasinya hanya 53.000 orang, kota ini meraih peringkat tinggi untuk polusi ozon dan partikel. Ditambah lagi ketika musim panas polusi semakin banyak dengan asap dari traktor, truk dan mobil.

5. Sacramento, Calif
Kota ini termasuk kota paling cerah se-Amerika Serikat. Apalagi kota ini juga punya 'bahan-bahan' untuk membuat polusi seperti nitrogen oksida dan komponen organik volatil. Padahal kalau kita lihat isi paru-paru kita, dua gas ini dapat merusak jaringan tubuh yang berakibat pada seseorang sering batuk, nyeri di dada dan serangan asma akut.

4. Fresno, Calif
Kota ini kaya dengan hasil pertanian. Namun emisi dari mobil dan truk merusak semua keindahan pertanian ini. Tapi pemerintah setempat sudah berupaya mengurangi polusi dengan menawarkan penggantian truk beremisi rendah dan membatasi pembakaran sampah sisa agrikultural.

3. Visalia, Calif
Visalia adalah kota kecil yang indah dengan hasil pertanian yang melimpah. Apalagi kota ini adalah pintu masuknya Taman Nasional Sequoia yang merupakan tempat tumbuhnya pohon-pohon raksasa dengan tinggi hingga 300 kaki. Sayang sekali kota ini memiliki polusi partikel yang cukup tinggi apalagi kota ini juga terjepit oleh lembah yang mengitarinya.

2. Bakersfield, Calif
Kota ini meraih peringkat nomor dua untuk polusi ozon dan nomor satu untuk polusi partikel. Dengan jumlah penduduk 340.000 kota ini juga terjepit oleh pegunungan. Truk-truk besar yang kerap lewat juga memberikan kontribusi polusi bagi kota ini.

1. Los Angeles, Calif
Kota terbesar kedua di Amerika Serikat ini sudah berpolusi sejak tahun 1940-an di mana kota ini masih kecil. Los Angeles sudah berusaha keras untuk mengurangi emisi mobilnya, apalagi pada tahun 1980-an kabut asap kota ini mencapai 70%! (*)
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan  | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer