pengunjung

free counters

Selasa, 28 Juni 2011

Tips Jaga Kesehatan Mata

Oleh: Amelina Junidar

Kamis, 16 Juni 2011 | 09:31:00 WIB



Mata berperan penting untuk kehidupan kita. Sebab, berbagai kecanggihan teknologi yang ada saat ini amat banyak mengancam mata. Oleh karena itu, masing-masing kita harus bisa menjaga kesehatan mata sejak dini.

Berikut ini adalah tips dan trik untuk menjaga kesehatan mata.

Nonton TV pada jarak yang aman
Hal yang amat penting ini terkadang sering disepelekan banyak orang, padahal radiasi dari televisi sangat berbahaya terutama bagi mata. Oleh karena itu, jarak yang aman untuk menonton televisi adalah 2-3 meter.

Rajin mengkonsumsi wortel
Untuk menjadi sehat, memang tak ada salahnya jika kita menjadi penggemar wortel seperti kelinci-hewan imut bertelinga panjang. Wortel banyak mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Kita bisa mengkonsumsinya mentah (setelah dicuci terlebih dahulu) atau dibuatkan jus. Dengan itu, InsyaAllah penglihatan kita akan sehat selalu.

Melihat alam yang hijau
Maksudnya, kita diharuskan untuk melihat keasrian alam yang senantiasa didominasi oleh warna hijau. Pemandangan itu dapat kita jumpai di setiap objek wisata yang ada. Contohnya di kawasan Kantor Walikota Bukittinggi dan Perpustakaan Bung Hatta.

Baca buku dengan jarak yang pas
Jarak membaca yang ideal adalah 30 cm. Kalau perlu bawa penggaris sebelum membaca untuk mengukur jarak membaca kita. Jika kita membaca terlalu dekat atau terlalu jauh maka bisa jadi ada kerusakan pada mata.

Jangan membaca dalam pose tidur dan telungkup
Sebab, pada kedua pose ini jalur cahaya akan terhambat oleh tubuh kita. Jadi kita membaca dalam keadaan cahaya yang kurang sempurna-itulah yang bisa merusak mata.

Rendam mata dalam air sirih
Caranya cukup dengan meremas daun sirih secukupnya untuk mendapatkan airnya, kemudian rendamkan mata ke dalam air sirih tersebut-lalu angkat, rendamkan lagi-lakukan berulang-ulang. Setelah itu kerdipkan mata anda berkali-kali.


*Amelina Junidar, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer