pengunjung

free counters

Rabu, 08 Juni 2011

Berkat Limbah Kulit Durian, Alen Juara Lomba Karya Ilmiah

Selasa, 07 Juni 2011 | 14:09:00 WIB

Berawal dari coba-coba, ternyata limbah kulit durian mampu menghantarkan Alen Salvo Pratomo sebagai juara pertama dalam lomba karya ilmiah lingkungan hidup, yang diselenggarakan Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Sawahlunto.

"Limbah kulit durian setelah diolah menjadi pupuk organik, mampu membuat tanaman bertahan, meski beberapa minggu tidak disirami air. Alhamdulillah, mudah-mudahan uji coba ini dapat bermanfaat dan membuat masyarakat semakin mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari," ujar Alen usai menerima piala dan hadiah dari Pemerintah Sawahlunto, di lapangan parkir Balaikota Sawahlunto, Senin (6/6).

Menurut Alen, karena kulit durian kaya akan serat akan mampu menjadi resapan air, sehingga dapat menahan air untuk jangka waktu yang lama. Dari pemikiran itu, Alen pun melakukan penelitiannya.

Alen pun langsung mengumpulkan kulit durian. Sebagai langkah awal, karena kulit durian yang cukup keras, anak pertama dari pasangan Subandi dan Ida Laila mengakalinya dengan merebus limbah tersebut.

Usai direbus, kulit durian pun dijemur yang selanjutnya ditumbuk dan dicampur dengan tanah, dan siap untuk dijadikan sebagai pupuk organik yang membuat tanaman menjadi subur dan tanam tanpa disiram dengan air. (tumpak/padangmedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer