pengunjung

free counters

Selasa, 10 Mei 2011

Pisang, Buah Tropis Dengan Sejuta Manfaat

Oleh: Fajri Surya Putra

Senin, 09 Mei 2011 | 11:23:00 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi: (Sumber foto : yerindaumanu.blogspot.com)
Suka makan pisang? Sungguh rugi kalau kita tidak makan pisang, padahal buah tropis ini mengandung sejuta manfaat yang baik untuk tubuh kita. Bahkan dikalangan para atlet profesional pun pisang adalah makanan wajib karena mengandung banyak energi,

Lagipula, pisang sangat mudah didapat, di warung-warung dekat rumah pun pisang juga dijual dan ada beragam pisang yang beredar di pasar. Memangnya apa saja manfaat yang terkandung di dalam pisang? Yuk, kita simak!

- Pisang dapat mencegah anemia. Hal ini dikarenakan pisang mengandung zat besi yang tinggi dan dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan membantu mengatasi anemia.

- Dapat meningkatkan konsentrasi apalagi kalau dimakan di pagi hari. Ini sangat baik bagi kita yang setiap hari belajar di pagi hari. Dimakan di siang hari juga dapat mencegah ngantuk di kelas karena mengandung kalsium yang cukup tinggi.

- Susah buang air besar? Makan saja pisang, karena memiliki kadar serat yang tinggi. Jadi teman-teman tidak perlu pergi ke warung untuk beli obat.

- Pisang dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Food and Drugs Association di AS menyarankan agar produksi pisang dan distribusinya ditingkatkan karena pisang mengandung kalium yang rendah garam, tentunya kandungan ini membantu mencegah tekanan darah tinggi.

- Mabuk di jalan? Istirahat sebentar di rumah makan terdekat, pesan pisang, segelas susu dan madu kalau ada. Campurkan semuanya dan lahap perlahan, hmmm, sudahlah manis, enak, mual-mual saat di jalan tadi langsung hilang seketika.

- Digigit nyamuk? Oleskan saja kulit yang bengkak dengan kulit pisang, dijamin gatal dan bengkaknya akan cepat hilang.

- Bagi wanita hamil, pisang dapat membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual-mual pada wanita hamil. Jadi kalau ada kerabat kalian yang sedang hamil, beri saja oleh-oleh buah pisang.

- Makan pisang ketika stres atau ketika mood sedang tidak enak dapat memberikan efek rileks. Perlahan sambil makan pisang kegalauan di hati pun bisa berubah bahagia. Hal ini karena vitamin B6 yang terkandung dalam pisang dapat menenangkan sistem saraf.

- Cegah penyakit jantung dengan makan pisang. Selain itu makan pisang secara teratur dapat mengurangi resiko stroke hingga 40%.

- Bagi kalian yang wanita, makan pisang menjelang menstruasi dapat membantu mengurangi rasa nyeri, karena pisang mengandung vitamin B6 yang mengontrol tingkat glukosa dalam darah.

- Untuk yang ingin berhenti merokok, pisang adalah jawabannya. Pisang mengandung vitamin C, A, B6 dan B12 yang akan membantu tubuh melawan efek dari nikotin. Bagi perokok pasif, makan pisang juga membantu meningkatkan ketahanan tubuh dari asap rokok.

- Makan pisang dapat mengendalikan suhu tubuh. Jika suhu tubuh terasa panas maka pisang dapat membantu menurunkannya. Selain itu bagi ibu-ibu hamil pisang juga membantu mengendalikan suhu tubuh bayi ketika lahir.

- Sakit maag atau sedang infeksi pada usus? Makan saja pisang karena memilii tekstur yang lembut. Pisang sangat mudah dicerna, karena itu pisang merupakan alternatif pertolongan pertama perut keroncongan.

- Kalau kalian punya kutil, maka pisang juga bisa menjadi obat alaminya. Letakkan kulit bagian dalam pisang diatas kutil lalu rekatkan dengan plester.
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan7 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer