pengunjung

free counters

Selasa, 10 Mei 2011

Mahasiswa ITS Ciptakan 5 Game Edukasi

Selasa, 10 Mei 2011 | 13:18:00 WIB
Game Mbatik Yuk!
Game Mbatik Yuk!: (foto: indonesiaproud.wordpress.com) 
Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya meluncurkan 5 game edukasi. Kelima game tersebut adalah "Mbatik Yuk", "Perjalanan Kartini", "Simulasi Hacker ID", "Simulasi Jinak Bom", dan "IP Sims" (Simulasi Jaringan Komputer).

Lima game edukasi ini diluncurkan untuk memeriahkan Festival Seni dan Teknologi pada 29-30 April yang dirangkai dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) 2011 pada 1-5 Mei di Grha ITS Surabaya.

Game ini diluncurkan untuk mengenalkan seni budaya, pelajaran, dan lain sebagainya melalui media game. Selain lima game tersebut, juga ada empat game edukasi yang dipublikasikan, yakni pertempuran 10 November (P10Ner), Palagan Ambarawa, Merapi Boy, dan Merapi Joy.

Game edukasi "Mbatik Yuk" dirancang oleh lima mahasiswi Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS. Mereka adalah Himmatul Azizah, Ratri, Intan Dzikria, dan Sangkurnia Sekar Arom.

Game Batik
Dalam game batik, mahasiswa ITB merancang game dengan skets pen agar seperti membatik dengan canting. Dalam game tersebut diceritakan seorang gadis bernama sedang berlibur ke rumah neneknya di desa, yang kebetulan pemilik industri batik. Nenek tersebut akhirnya meminta cucunya untuk belajar membatik melalui bimbingannya.

Dalam game ini, ada empat tahap membatik, yakni isen-isen atau menebalkan pola, mbliriki atau mewarnai pola, mbironi atau mencelupkan kain ke zat pewarna, dan nglorod atau merebus di air panas agar malam meleleh. Semua tahapan tersebut dapat ditempuh dengan tiga level, yakni mudah, sedang, dan rumit.

Game Edukasi "Perjalanan Kartini" Game Edukasi "Perjalanan Kartini" dirancang oleh tujuh mahasiswa Magister Informatika. Mereka adalah Galih Candra Setiawan (manajer proyek), Arief Prasetyo (tukang koding), Fariz Andri Bakhtiar (pengisi suara dan bunyi), Fariz Andri Bakhtiar (perancang peta dan bangunan dalam game), Rizky Noviasri (pembuat gambar dan animasi), dan I Gusti Lanang Putra Eka (dokumentasi).

Mereka merancang game dengan sistem RGP (role playing game) dengan penggalan cerita mulai masa kecil Kartini yang membeli gula aren, masa sekolah, masa pingit, dan sebagainya.

Sementara itu, game edukasi lainnya bersifat simulasi, seperti Simulasi Hacker ID, Simulasi Jinak Bom, dan IP Sims atau Simulasi Jaringan Komputer. (ria/berbagai sumber)
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan  | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer