pengunjung

free counters

Selasa, 10 Mei 2011

4 Remaja Sumbar Ikuti Forum Pelajar Indonesia 3

Oleh: Dodi Prananda

Senin, 09 Mei 2011 | 07:33:00 WIB
4 Remaja Sumbar Terpilih sebagai Peserta Forum Pelajar Indonesia 3
4 Remaja Sumbar Terpilih sebagai Peserta Forum Pelajar Indonesia 3: Dari Kanan ke Kiri(berurutan): Fajar Satria Pratama (SMA 3 Padang), Febrian Fikri Fernando (SMA 9 Padang), Eko Septiady (SMA 9 Padang) dan Rendy Febrianto (SMA 1 Solok).Foto:Dok.Pribadi, Olahan Inioke.com)
Empat remaja Sumatra Barat dinyatakan terpilih sebagai delegasi Sumatra Barat untuk mengikuti kegiatan Forum Pelajar Indonesia 3 di Jakarta. Keempatnya lulus dalam seleksi gelombang pertama yang diumumkan Kamis (5/5) lalu, sebagaimana yang berhasil dihimpun inioke.com hingga pagi ini, Senin (9/5).

Keempat remaja tersebut adalah Eko Septiady dari SMA N 9 Padang, Febrian Fikri Fernando dari SMA N 9 Padang, Fajar Satia Pratama dari SMA N 3 Padang dan Rendy Febrianto dari SMA N 1 Solok. Keempatnya merupakan para aktivis sekolah yang memiliki prestasi berbeda masing-masingnya. Fajar misalnya, ia merupakan pelajar yang memiliki banyak track record dan pernah mengikuti Kompetisi Karya Tulis Ilmiah di Vietnam setelah dinyatakan lulus di tingkat Nasional.

Rend Febrianto yang berhasil dihubungi inioke.com, Sabtu malam (7/5) membenarkan kabar terkait terpilihnya ia sebagai delegasi Sumatra Barat dalam ajang Forum Pelajar Indonesia 3 di Jakarta. "Iya, setelah mengikuti seleksi administrasi dan esai, Alhamdulillah saya dinyatakan lulus," katanya. Ia melanjutkan, dalam tahapan seleksi, karya esai-lah yang sangat diperhitunhkan. "Aku terpilih dalam seleksi Forum Pelajar Indonesia 3 dari penilaian esaiku. Esai yang diutamakan dalam seleksinya," tambah pelajar SMA N 1 Solok tersebut.

Lebih jauh Rendy mengatakan, ia menulis esai dengan memilih tema Peran dan Program Nyata Pelajar untuk Indonesia Peduli. "Judul esaiku, Smansa Solok Peduli Pemulihan Pasca Gempa Pariaman," aku Rendy. Terkait soal terpilihnya ia dalam ajang itu, Rendy mengungkapkan bahwa banyak ucapan selamat yang ia terima dari orang-orang terdekatnya.
"Orangtua ngucapin selamat tentunya. Bahkan hingga hari ini aku masih menerima banyak ucapan selamat dari teman-teman," tambah Rendy.

Dengan ajang ini, Rendy berharap acara ini ia mampu dapat menumbuhkan kepedulian siswa Indonesia di lingkungan sekitarnya dan mengenalkan kebudayan daerah masing-masing di depan teman-teman dari seluruh Indonesia. "Ya, aku berharap demikian," kata dia.
Menjelang keberangkatan, kata Rendy, ia tengah mempersiapkan penampilan kebudayaan daerah Sumatra Barat pada malam Cultural Performance. "Saya berharap sebagai delegasi Sumbar agar perwakilan ini mampu mereprsentasikan bagaimana karakter dan budaya orang Minang. Semoga nantinya bisa menjadi perhatian pelajar dari daerah lain," harapnya.

Sementara itu, Eko Septiady yang berhasil dikontak inioke.com, Sabtu malam (7/5) kepada inioke.com mengatakan awal terpilihnya ia dalam ajang FOR 3 yaitu ketika ia mengetahui bahwa pendaftaran untuk peserta FOR 3 telah dibuka. "Jadi saya ikut seleksi dengan menulis esai. Esai yang saya tulis judulnya 'Aksi Pelajar untuk Hijaukan Indonesia'," kata dia. Eko melanjutkan, rampung menulis esai, semua berkas pendaftarannya ia kirim ke Sekretariat panitia. "Waktu pengumuman, 5 Mei kemarin, Alhamdulillah saya dinyatakan resmi diterima sebagai Peserta FOR 3," beber Eko.

Soal acara ini, Eko mengaku bahwa ia mengetahuinya setelah membaca salah satu media massa yang meliput kegiatan FOR 2010. "Di Majalah itu ada liputan khusus para pelajar dari Sumbar seperti Ficko Falderiko, Shaula Safira dan Dodi Prananda yang mengikuti FOR 2," tambah Eko. Lanjut Eko, karena ia tertarik kemudian ia mencoba browsing soal informasi penyelenggaraan Forum Pelajar Indonesia tahun 2011. "Sudah pusing mencari, nggak ketemu. Kemudian salah seorang rekan saya Febrian Fikri Fernando (Peserta FOR 3-red) memberi tahu bahwa ia sudah dapat formulir FOR 2011, dan setelah itu mendaftar hingga akhirnya diterima," papar Eko.

Eko mengaku sangat bangga atas terpilihnya ia sebagai salah satu delegasi kota Padang, Provinsi Sumatra Barat sebagai peserta FOR 3 tahun ini. "Terutama orangtua yang sangat bahagia, kemudian ucapan selamat dari guru dan teman-teman," tambah Eko. Ia berharap dalam ajang ini, sebagai delegasi Sumbar, ia mampu memberikan aspirasi dirinya mewakili seluruh pelajar di Sumbar mengenai perkembangan pendidikan, kesehatan, hingga budaya. (*)


Dodi Prananda, merupakan Redaktur Portal Media Online Inioke.com. Ia merupakan salah satu alumni Forum Pelajar Indonesia 2 dari kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, bersama dua orang rekannya, Fiqho Falderiko dan Shaula Safira Ch.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer