pengunjung

free counters

Jumat, 25 Maret 2011

107 Mahasiswa UGM Raih Beasiswa

Kamis, 24 Maret 2011 | 19:33:00 WIB

107 Mahasiswa UGM Raih Beasiswa

107 Mahasiswa UGM Raih Beasiswa: ilustrasi : ujian.org
Beasiswa dari Rumah Zakat Infaq Shodaqoh (RZIS) UGM memberikan beasiswa kepada 107 mahasiswa program sarjana dan diploma UGM. RZIS UGM merupakan lembaga amil zakat UGM yyang diresmikan secara langsung oleh Rektor UGM pada 22 September 2008.

Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Rektor UGM, Prof. Ir Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., dan Wakil Direktur RZIS UGM, Drs. Dumairy, M.A., kepada dua orang perwakilan mahasiswa, Rabu (23/3), di Balairung UGM. Dalam kesempatan tersebut, turut diserahkan beasiswa kepada 15 orang pelajar SMA di wilayah Yogyakarta. Demikian yang dilansir dari rilis UGM.

Keseratus tujuh penerima beasiswa adalah 2 mahasiswa Fakultas Biologi, 1 mahasiswa Fakultas Farmasi, 17 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, 14 mahasiswa Fakultas Isipol, dan 4 mahasiswa Fakultas Geografi. Berikutnya, 7 mahasiswa Fakultas Hukum, 7 mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, 7 mahasiswa Fakultas Kehutanan, 8 mahasiswa Fakultas MIPA, 2 mahasiswa Fakultas Pertanian, dan 3 mahasiswa Fakultas Peternakan. Selanjutnya, 2 mahasiswa Fakultas Psikologi, 8 mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, 14 mahasiswa Fakultas Teknik, dan 13 mahasiswa Sekolah Vokasi.

Beasiswa ini diberikan selama masa pendidikan di UGM dengan evaluasi per semester. Penerima beasiswa mendapatkan Rp250.000,00 per bulannya. Namun, untuk pelajar SMA, diberikan beasiswa masing-masing Rp125.000,00 per bulan selama masa pendidikan di SMA dengan evaluasi per semester.


Dalam situs resmi UGM, dituliskan bahwa Wakil Direktur RZIS UGM, Drs. Dumairy, M.A., mengatakan RZIS UGM selama dua tahun terakhir telah memberikan 152 beasiswa kepada mahasiswa UGM, 45 beasiswa pada 2010 dan 107 pada tahun ini. Selain itu, RZIS juga memberikan beasiswa kepada 15 pelajar SMA, juga santunan bagi siswa SD dan SMP.

Hingga kini, RSIZ telah memiliki dana sekitar 270 juta rupiah yang terkumpul dari dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf di lingkungan UGM. Alokasi terbesar diberikan untuk beasiswa UGM. Rektor berharap, beasiswa ini benar-benar menjadi barokah dan bisa diberikan secara berkelanjutan dan mampu mendorong mahasiswa untuk lebih berprestasi dan meningkatkan nilai akademisnya.

Ditambahkan oleh Direktur Operasional RZIS UGM, Taufikur Rahman, S.E., M.B.A., usai acara, keberadaan RZIS UGM merupakan pengejawantahan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. RZIS berupaya mengoptimalkan peran UGM di masyarakat, khususnya dalam bidang sosial kemanusiaan.

Nurul Amalia Rusli, salah satu penerima beasiswa dari Fakultas Biologi, menuturkan beasiswa yang diterima nantinya akan digunakan secara optimal untuk meningkatkan prestasi akademisnya. "Saya akan menggunakan beasiswa ini dengan sebaik mungkin. Harapannya nantinya saya bisa menjadi muzaki (pembayar zakat), bukan lagi menjadi mustahiq (penerima zakat)," ujar Nurul. (opie/ugm)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan4 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

sebelumnya
berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer