pengunjung

free counters

Jumat, 23 September 2011

Mark Zuckerberg Pamerkan Fitur Baru Facebook


http://inioke.com

Jumat, 23 2011 | 20:02:00 WIB

Mark Zuckerberg Pamerkan Fitur Baru Facebook
Mark Zuckerberg Pamerkan Fitur Baru Facebook:
Facebook telah menggelar konferensi 'f8'-nya Kamis (22/09) kemarin dengan ucapan 'Let's do it' dari Mark Zuckerberg dari Facebook-nya. Konferensi ini bertujuan untuk memperkenalkan pada para pengembang dan wartawan perihal perubahan-perubahan yang akan dilakukan oleh Facebook pada situsnya.

Dalam konferensi ini terlihat jelas Mark beserta timnya melakukan perubahan yang cukup radikal pada tampilan situsnya. Kemungkinan segera setelah perubahan tampilan ini diterapkan akan muncul gelombang anti tampilan baru Facebook.

Tidak perlu banyak penjelasan, mari kita ulas beberapa fitur baru Facebook yang dipamerkan oleh Mark:

1. New Open Graph Media Apps
Kalau biasanya kita hanya me-Like apa yang ditonton oleh teman kita di Facebook, kini kita juga dapat langsung menyaksikan video atau bahkan mendengarkan musik apa yang sedang di dengar atau di tonton teman kita tersebut.

Tampilan Facebook yang baru kini lebih dimantapkan dengan hadirnya fitur streaming musik, radio dan video (bahkan film) yang meramaikan halaman depan profil Facebook kita. Ini adalah salah satu fitur yang menjadi andalan Facebook dan diklaim akan mampu membuat para penggunanya semakin betah.

Halaman 'Home' atau 'Beranda' Facebook masih akan sama seperti sekarang namun dengan adanya perubahan News Feed yang real-time di samping kanan halaman membuat para pengguna malas dan memprotes keras Facebook akan perubahan ini. Halaman depan yang biasanya ada 'Recent Stories' kini malah menampilkan update yang paling banyak dikomentari atau yang paling ramai dibicarakan.

2. Timeline
Profil Facebook pengguna akan berubah drastis dan sangat jauh berbeda dari yang kita gunakan sekarang ini (lihat gambar). Dengan fitur 'Timeline', Mark menyebutnya "sejarah hidupmu'.

Di Timeline pengguna tidak perlu repot lagi melihat postingan-postingan terdahulu, cukup klik saja tanggal dan tahun yang ada di samping kanan maka kita akan melihat apa-apa saja yang sudah kita bagi pada teman-teman di Facebook.

Terlebih lagi dengan fitur ini kita juga bisa membuat daftar sejarah kesukaan, misalnya pada bulan Mei 2009 kita suka musik Metal, namun pada Januari 2010 kita ternyata menyukai musik Pop.

Perbedaan halaman profil semakin terasa dengan halaman yang lebih luas, tampilan yang lebih menarik, wow, sulit untuk dijelaskan namun tampilan ini akan sangat memukau untuk sebagian orang dan akan sangat menjengkelkan untuk beberapa orang.

Asyiknya lagi, kita bisa mengatur posisi-posisi aplikasi Facebook seperti hulu, netflix dan lainnya sesuai dengan keinginan kita. Apa yang kita lakukan seperti memasak, nonton di rumah, semua diatur dengan sangat cantik oleh Facebook lewat fitur Timeline.

3. Fitur lainnya
Fitur lainnya adalah pengguna bisa berbagi secara pribadi, maksudnya pengguna kini bisa mengatur apakah status update akan ditampilkan ke halaman News Feed atau hanya dibaca oleh pengguna itu sendiri. Dan juga pengguna bisa mengatur foto mana yang akan ditampilkan dan mana yang tidak.

Selain itu ada foto 'cover' besar di bagian halaman profil Timeline yang akan mengeskpresikan dirimu. Tidak perlu lagi susah-susah memotong-motong gambar untuk ditampilkan di halaman profil.

Intinya perubahan yang akan ditampilkan Facebook benar-benar radikal dan jauh berbeda dari Facebook yang kita kenal. Fitur-fitur ini menurut Mark akan langsung diluncurkan, namun fitur Timeline baru memasuki tahap Beta dan hanya segelintir orang saja yang bisa menikmatinya.

Perubahan besar pada Facebook ini secara tidak langsung menyerang Google+ yang baru saja diluncurkan untuk umum beberapa hari yang lalu. Kita tunggu saja kehadiran tampilan Facebook yang baru ini di Indonesia. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer