pengunjung

free counters

Kamis, 09 Juni 2011

Simak Plus Minus Google Chrome Yuk!

Jumat, 10 Juni 2011 | 09:24:00 WIB

Google Chrome

Google Chrome:
Saat semua orang menatap Chrome OS pada waktu peluncurannya, maka seketika itu pula mereka berpikir "Inilah laptop generasi mendatang", kenyataannya tidak juga. Dengan pengumuman yang dibuat oleh Google yang akan meluncurkan Chromebook (sebutan untuk laptop yang menggunakan Chrome OS) untuk umum, maka kita perlu mereview ulang laptop ini.

Untuk saat ini, baru ada 2 Chromebook yang beredar di pasaran yakni CR-48 yang merupakan versi awal dari Chromebook dan Samsung Chromebook. Fitur utama (dan yang selalu disorot oleh Google) dari Chrome OS adalah boot yang super cepat, hanya 3 detik! Semua itu bisa dicapai karena Chrome OS merupakan OS berbasis Cloud.

Cloud artinya tidak ada data yang tersimpan dalam local drive dan semuanya disimpan dalam server, termasuk aplikasi-aplikasi yang ada Chromebook, semuanya merupakan aplikasi berbasis Cloud. Itu artinya tidak aplikasi yang terinstall dan tidak ada yang namanya update, processing, system dan sebagai macam lainnya yang membuat komputer penuh sesak.

Tapi justru di sinilah kelemahan dari Chrome OS. Netbook yang didesain untuk kelas menengah ke bawah ini harus memiliki koneksi internet untuk menjalankan semua prosesnya. Ya, betul, semuanya, termasuk log in karena untuk mengakses Chromebook pengguna harus log in dari akun Google. Jadi kalau pengguna tidak segera menemukan Wi-Fi atau jaringan 3G (atau mungkin 4G) maka Chromebook hanya akan jadi pajangan dikala pengguna sedang dalam perjalanan.

Tenang saja, walaupun Cloud yang menjadi kekuatan Chrome juga menjadi kelemahannya, Google menjanjikan akan merilis versi Offline dari aplikasi-aplikasinya. Aplikasi yang dijanjikan antara lain Gmail, Google Calendar dan Google Docs. Ketiga ini sangat penting karena semuanya merupakan inti kehidupan seorang pekerja.

Secara keseluruhan semua 'janji' offline Google dapat segera dijalankan seminggu sebelum diluncurkannya Chromebook ke pasar nanti. Setidaknya untuk versi Beta-nya saja itu sudah cukup membuat pengguna lega sebelum membelinya di pasaran. Bagaimanapun, kita tunggu saja saat-saat peluncuran Google Chrome OS tanggal 15 Juni nanti. (*)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan6 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer