pengunjung

free counters

Selasa, 12 April 2011

Yuri Gagarin, Manusia Pertama Ke Luar Angkasa

Selasa, 12 April 2011 | 08:22:00 WIB

Google Ubah Tampilan

Google Ubah Tampilan: demi menghormati Yuri Gagarin.
Selasa, 12 April 2011, search engine google merubah tampilannya. Ada gambar astronot dan roket menuju luar angkasa. Biasanya, google memang selalu merubah tampiasa. Apakah yang diperingati google?

Lima puluh tahun lalu, tepatnya 12 April 1961, Yuri gagari berhasil menembus luar angkasa dengan menumpang pesawat luar angkasa Vostok-1. Yuri Gagarian merupakan manusia pertama yang berhasil mengorbit ke luar angkasa.

Sebelumnya, pesawat luar angkasa Vostok-1 tersebut telah tujuh kali menuju luar angkasa dengan berbagai bahan percobaan, seperti binatang dan berbagai peralatan. Dan pada 12 April 1961, pada pukul 09.07 waktu setempat, Yuri Gagarin pun berteriak, "Poyekhali" atau 'Ayo Berangkat'.

Untuk persiapan berangkat, Yuri Gagarin dipersiapkan makanan dalam tabung, fasilitas radio frekuensi tinggi, dan tombol telegraf.

Oleh karena penerbangan pertama, misi Yuri Gagarin hampir gagal. Seperti diberitakan BBC, kabel yang terhubung dengan kapsul pesawat antariksa dengan modul pelayanan gagal dipisahkan sebelum Gagarin sampai di bumi. Kapsul yang ditumpangi Gagarin menjadi semakin berat dengan modul tambahan ketika memasuki atmosfer Bumi. Temperatur di dalam kapsul pun semakin meningkat. Ketika itu Gagarin sempat kehilangan kesadaran. Ia merasakan dikelilingi asap dari percikan api dalam arah menuju Bumi.

Hal terburuk pun terjadi. Kabel itu terbakar dan membakar kapsul yang ditumpangi Gagarin. Namun, takdir masih berpihak kepadanya. Gagarin mampu keluar dari kapsulnya dan mengembangkan parasut dan mendarat dengan selamat di Sungai Volga.

Setelah terbang ke orbit bumi selama 108 menit dan mendarat di bumi, Gagarin pun menjadi selebritas dunia. Pada saat itu, Ratu Inggris dan Fidel Castro pun memberikan pujian baginya.

Untuk menghargai prestasi Gagarin, Nama Gagarin menjadi nama jalan di berbagai kota di Soviet. Bahkan, kota Gzhatsk, kota yang menjadi tempat tinggalnya ketika masa kecil, diganti namanya menjadi Gagarin. (ria/berbagai sumber)
Translate
0Share
Share on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg | Bagikan8 | akses http://m.inioke.com dari gadget mu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yuk comment....
^-^
komentar anda lebih berharga daripada isi blog saya

Total Tayangan Halaman

Entri Populer